Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / BATANG BERMUNAJAT, DOA LINTAS AGAMA UPAYA IKHTIAR BATIN MASA PADEMI COVID-19

Berita

Batang Bermunajat, Doa Lintas Agama Upaya Ikhtiar Batin Masa Pademi COVID-19

Batang - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang menggelar acara Batang Bermunajat, untuk memberikan kekuatan batin agar pandemi COVID-19 segera berakhir yang di selenggarakan secara virtual di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Jumat (16/7/2021).

Batang - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang menggelar acara Batang Bermunajat, untuk memberikan kekuatan batin agar pandemi COVID-19 segera berakhir yang di selenggarakan secara virtual di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Jumat (16/7/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Batang Suyono, Perwakilan Forkopimda, Kepala FKUB Kabupaten Batang, Kepala Kemenag Kabupaten Batang M. Aqsho, pemuka Agama Budha, Konghucu, Kristen, Katolik, Hindu dan pemuka Agama Islam.

Kepala Kemenag Kabupaten Batang M. Aqsho mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut berikutnya yang sebelumnya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk ‘Pray For Home’ dengan berdoa bersama, upaya agar pandemi COVID-19 segera hilang.

“Kami mengajak untuk lapisan masyarakat untuk senantiasa berdoa, agar Tuhan Maha Kuasa memberikan ampunan dan perlindungan kepada seluruh bangsa Indonesia dan umat manusia. Karena Tuhan Maha Pencipta yang dapat menguatkan batin kita dengan segala upaya sudah kita lakukan untuk penanganan COVID-19,” jelasnya.

Dimana pun kita berada, Lanjut dia, harus tetap waspada dan berikhtiar menjaga diri dan menjaga keluarga kita dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat. Pahami dan laksanakan peraturan yang dibuat Pemerintah Daerah mengenai pembatasan ibadah di tempat ibadah. Kita beribadah sementara dari rumah saja.

Sementara Bupati Batang Wihaji mengatakan, hari ini pasti masyarakat sudah jenuh, kesal, dan jualan tidak laku sehingga membuat perekonomian susah. Mungkin itu suasana kebatinan hari ini masyarakat Kabupaten Batang.

“Tetapi faktanya hari ini COVID-19 belum selesai, untuk itu negara berikhtiar dengan pemberlakuan PPKM Darurat, tentu ini sudah dikaji secara matang. Saya meyakini negarawan memikirkan dan melindungi rakyat Indonesia,katanya.

Acara Batang Bermunajat ini merupakan upaya ikhtiar batin dengan melakukan doa bersama beberapa pemuka agama, berdoa ini solusi untuk menghilangkan kejenuhan dengan meminta kepada tuhan yang membuat hati kita tentram.

Hari ini saya berterima kasih kepada Kepala Kemenag Kabupaten Batang dengan melakukan ikhtiar batin, karena hanya itu yang dapat bisa kita lakukan. Bisa dilihat sendiri COVID-19 tidak kelihatan kasat mata harus memakai bantuan laboratorium baru kelihatan kasat mata,” ujar dia.

Doa ini untuk memohon agar permintaan dikabulkan, melibatkan seluruh agama yang ada di Kabupaten Batang. Bersama dengan itu harapannya, vaksinasi ada percepatan di Kabupaten Batang melayani secara umum sambil menunggu dari pelajar. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)