Home / Berita / Teknologi / DISKOMINFO BATANG: KEDEPAN FOKUS MENGURANGI KETERLAMBATAN RESPON DARI PEJABAT PENGHUBUNG OPD

Berita

Diskominfo Batang: Kedepan Fokus Mengurangi Keterlambatan Respon Dari Pejabat Penghubung OPD

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengikuti evaluasi pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) tahun 2020 yang diselenggarakan KemenPANRB bersama lembaga mitra pembangunan United Nations Development Programme (UNDP) dan The Korea International Cooperation Agency (KOICA) secara virtual di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (1/7/2021).

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengikuti evaluasi pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) tahun 2020 yang diselenggarakan KemenPANRB bersama lembaga mitra pembangunan United Nations Development Programme (UNDP) dan The Korea International Cooperation Agency (KOICA) secara virtual di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (1/7/2021).

Kepala Seksi Pengelolaan Layanan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Batang Umar Nurdin mengatakan, bahwa evaluasi hari ini untuk admin SP4N LAPOR dan sebagai pejabat penghubung diseluruh Kabupaten Kota seluruh Indonesia, juga untuk masyarakat pengguna. Disini kita bisa melihat antusias masyarakat untuk menggunakan aplikasi LAPOR ini tentang pengaduan-pengaduan pelayanan publik.

“Secara umum responden sudah puas dengan SP4N LAPOR sebagai media penyampaian pengaduan dan SP4N LAPOR dalam menangani pengaduan masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh indeks kepuasan masyarakat pengguna nilai 75,7. Angka kepuasan masyarakat pengguna tahun ini meningkat dibandingkan hasil survei tahun lalu,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Batang menjalankan aplikasi SP4N LAPOR sudah lama, Cuma sebelumnya yang mengelola Bagian Organisasi Sekretaris Daerah Kabupaten Batang. Karena tahun 2021 tupoksinya sudah berpindah ke Diskominfo Kabupaten Batang otomatis kita melanjutkan.

“SP4N LAPOR kita lebih memfokuskan pada pejabat penghubung, jadi selama ini banyak laporan yang masuk ke pejabat penghubung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agak lambat, mungkin hal ini dikarenakan tidak standby. Kita sendiri akhirnya pelan-pelan menghubungi langsung pejabat penghubung bahwa hari ini ada laporan untuk OPD saudara,” tegasnya.

Seharunya, Lanjut dia, itu setelah kita menerima laporan dari masyarakat dan diteruskan oleh OPD terkait harusnya sudah ditindaklanjuti secara langsung, tidak harus kita hubungi lewat telpon atau pesan. Memang di aplikasi SP4N LAPOR tidak ada notifikasi seperti pesan atau telpon, mungkin ada kesibukan lain sehingga tidak mengecek laporan tersebut.

Respon SP4N LAPOR harusnya ditanggapi dalam waktu 24 jam makanya kita kadang mengejar pejabat penghubung yang telat membalas tanggapan dari laporan masyarakat. Untuk penyelesaian masalah sendiri menyesuaikan kebijakan OPD akan kapan ditangani yang penting kita respon dulu agar masyarakat senang. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)