Home / Berita / IKM UKM UMKM / PENJUALAN MINUMAN SERBUK EMPON-EMPON MENINGKAT

Berita

Penjualan Minuman Serbuk Empon-empon Meningkat

Batang - Empon-empon nampaknya saat ini tengah naik daun alias laris dipasaran seiring dengan meningkatnya kembali kasus COVID-19 di sejumlah daerah.

Batang - Empon-empon nampaknya saat ini tengah naik daun alias laris dipasaran seiring dengan meningkatnya kembali kasus COVID-19 di sejumlah daerah.

Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang percaya bahwa empon-empon serta minuman herbal dari rempah-rempah asli Indonesia memiliki khasiat untuk menangkal virus tersebut.

Para penjual empon-empon pun saat ini tengah sibuk dengan permintaan pasar yang meningkat.

Seperti warga Desa Beji, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Kholid Alfarisi yang sibuk mengirim produk rempah serbuk buatannya ke berbagai daerah.

“Alhamdulillah akhir-akhir ini memang permintaan meningkat bisa dikatakan 100 persen, dari biasanya hanya 5 sampai 10 ini bisa sampai 20an terjual perhari, mungkin karena ini musim pancaroba banyak yang sakit dan masih pandemi jadi orang butuh untuk menjaga imunitasnya, bahkan dokter juga beli produk kami,” kata Kholid Alfarisi saat ditemui di Desa Beji, kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Minggu (27/6/2021).

Dijelaskannya, empon-empon dan berbagai rempah-rempah memang memiliki khasiat untuk menjaga imunitas tubuh, selain itu juga pencegahan kanker, asam lambung, peradangan, dan penyakit kulit.

“Kalau dibilang menangkal Virus Corona saya sendiri kurang begitu paham, tapi memang khasiat utamanya sendiri untuk menjaga imunitas tubuh, selain itu juga banyak khasiat lainnya seperti pencegahan kanker, asam lambung dan sebagainya,” jelasnya.

Terdapat 8 jenis produk rempah yang dibuat oleh laki-laki yang juga bekerja di SMKN Warungasem itu, di antaranya empon-empon, jahe merah, jahe alang-alang, jahe secang, pati urit, temulawak, jahe coklat dan wedang uwuh.

“Kalau yang terbaru itu jahe coklat karena kita juga menyasar kalangan anak muda jadi rasanya dibuat manis tapi juga teras jahenya, tapi kalau yang paling laris untuk saat ini empon-empon,” ungkapnya.

Produk rempah serbuk buatan Kholid ini telah dikirim ke Cirebon, Jakarta, Karawang, Mojokerto, dan wilayah Pekalongan - Batang.

“Rata-rata itu pada reseller jadi produk dijual lagi di daerahnya, untuk mendekati ini akan dibawa ke Mesir karena ada permintaan dari sana,” ujar dia.

Untuk harga sendiri dipatok dari Rp9 Ribu hingga Rp25 Ribu per bungkus sedangkan untuk wedang uwuh kemasan dijual Rp30 Ribu per box.(MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)