Home / Berita / Teknologi / BATANG CAREER, BERIKAN KEPASTIAN PENCARI KERJA

Berita

Batang Career, Berikan Kepastian Pencari Kerja

Batang - Bupati Batang Wihaji melaunching aplikasi Batang karir yang telah diperkuat dengan aturan, supaya dapat memberikan kepastian kepada para pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan sesuai harapan dan pemberi kerja pun memperoleh karyawan yang berkompeten.

Batang - Bupati Batang Wihaji melaunching aplikasi Batang karir yang telah diperkuat dengan aturan, supaya dapat memberikan kepastian kepada para pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan sesuai harapan dan pemberi kerja pun memperoleh karyawan yang berkompeten.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pemerintah berupaya melayani warga sebagai pencari kerja dan perusahaan sebagai pemberi kerja.

“Silakan perusahaan merekrut tenaga kerja namun tetap bersinergi dengan Pemda dan  mendapatkan karyawan sesuai kompetensinya,” katanya usai melaunching aplikasi “Batang Karir”, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Batang, Rabu (9/8/2021).

Ia memastikan, aplikasi tersebut untuk mempermudah warga Batang mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

Ini modifikasi aplikasi yang lebih pasti karena telah diperkuat dengan Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2021 tentang layanan penempatan tenaga kerja, melalui sistem informasi di Kabupaten Batang.

“Dulu belum ada, sekarang sudah perkuat dengan Perbup, sehingga nanti semua perusahaan diwajibkan untuk bisa bersinergi bersama pemerintah daerah, untuk bisa bergabung dalam Batang Karir,” tegasnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, meskipun aplikasi itu sudah diikat dengan peraturan, namun yang tidak bertentangan dengan undang-undang ketenagakerjaan.

“Sementara aplikasi ini dikhususkan bagi warga Batang. Memang mengutamakan keterlibatan warga lokal, tapi kalau keahlian tertentu bisa melibatkan warga lain, yang mengharuskan berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang,” jelasnya.

Hingga saat ini, terdapat 15 perusahaan yang bergabung dan ke depan seluruh perusahaan wajib bergabung dalam Batang Karir.

“Perusahaan yang sudah bergabung di antaranya Wan Ho, Batang Apparel Indonesia dan lainnya,” tuturnya.

Wan Ho yang bergerak di bidang replika kendaraan bermotor dan mobil saat ini masih tergabung 200 tenaga kerja dan masih membutuhkan 500 tenaga kerja baru. Untuk Apparel membutuhkan 1.200 tenaga kerja. Pembukaan lowongan kerja dilakukan secara bertahap dalam tahun ini.

“Aplikasi pencari kerja khusus lokal, baru Kabupaten Batang. Ini bentuk keberpihakan Pemda kepada warga lokal, sehingga kami bisa melayani para pencari kerja, tapi tidak mengurangi profesionalisme kerja,” ungkapnya.

Di sisi lain perusahaan memberikan pelatihan untuk memastikan kompetensi calon tenaga kerjanya, agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Kepala Disnaker Batang Suprapto menyampaikan, tersedianya layanan penempatan tenaga kerja melalui aplikasi, supaya dapat menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan angka kesempatan kerja di Kabupaten Batang.

“Aplikasi ini ada versi 1, 2 dan 3. Versi 1 hanya menyiapkan aplikasi yang dibuat untuk pencari kerja dan perusahaan belum bisa membuat akun. Dan di versi 2 ini dimodifikasi agar semua perusahaan membuat akun di Batang Career, mereka menginformasikan lowongan pekerjaan yang bisa langsung menerima karyawan sesuai kompetensi yang diharapkan,” terangnya.

Dari aplikasi tersebut, nantinya menghasilkan database pencari kerja. Bagi yang sudah ditempatkan akan dimasukkan database “Sudah Ditempatkan”.

“Sedangkan yang belum ditempatkan, akan dilihat kualifikasinya di Batang Karir. Ternyata banyak di antara mereka yang kemampuannya tidak dibutuhkan perusahaan, maka kami jembatani dengan pelatihan baik di Balai Latihan kerja (LPK) Disnaker Batang maupun swasta, untuk disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan,” tegasnya.

Ia menerangkan, sudah lebih dari 600 calon pencari kerja yang mengikuti pelatihan di LPK Disnaker, swasta maupun yang lewat bursa kerja khusus di SMK dan langsung diserap ke dunia kerja.

Para pencari kerja cukup membuka aplikasi Batang Career di http://karir.batangkab.go.id. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Instagram @batangcareer, Facebook Batang Career dan Twitter @BatangCareer. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)