Home / Berita / Pemerintahan / WAKIL BUPATI BATANG: BERIKAN NILAI PANCASILA PADA ANAK KITA

Berita

Wakil Bupati Batang: Berikan Nilai Pancasila Pada Anak Kita

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Sarasehan kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (1/6/2021) malam.

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Sarasehan kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (1/6/2021) malam.

Jika melihat sejarah ada dua wacana atau versi bila ihwal peringatan hari lahir ideologi negara ini. Selain 1 Juni, masih ada pihak lain yang meyakini hari lahir Pancasila jatuh pada 18 Agustus.

Sesuai rumusan Pancasila yang dikemukakan oleh Presiden Sukarno dalam pidatonya di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya bersumber dari keragaman budaya bangsa yang diakui secara bersama-sama.

Proses penggalian itulah dan kemudian dijadikan momentum untuk diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Jokowi. Bahwa pada 1 Juni sebagai hari lahir dasar dan ideologi Negara. Pancasila ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Wakil Bupati Batang mengatakan, malam hari ini Pemkab Batang memperingati lahirnya pancasila 1 juni ini 2021 sebuah perjalanan panjang yang dijalani Negara Republik Indonesia.

“Apabila pancasila kita hayati dari sila ke 1 sampai sila ke 5 ada banyak nilai kehidupan di dalamnya, karena itu kita harus bersama-sama memahami dan mengingat nilai-nilai pancasila pada anak cucu kita,” jelasnya.

Bisa dilihat dari acara saat ini Peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya orang yang beragama muslim, tetapi dihadiri juga Agama yang lain seperti Budha, Konghucu, Hindu, Katolik, dan Kristen.

Dijelaskannya, Pancasila bukan untuk satu agama saja, tetapi untuk dasar Negara Republik Indonesia, karena bangsa ini dibangun oleh kesepakatan bersama bangsa Indonesia. Hakikat Pancasila sebagai landasan atau pegangan dasar bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setiap aktivitas, keputusan, dan kebijakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat selayaknya berpedoman pada Pancasila.

Diharapkan, anak-anak kita harus memberikan pengertian sebagai penerus kita dengan nilai-nilai pancasila agar kelak bakat mereka dapat dimanfaatkan sesuai nilai-nilai pancasila. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)