Home / Berita / Teknologi / RUTAN BATANG EFEKTIFKAN PENYAMPAIAN INFORMASI MELALUI VO

Berita

Rutan Batang Efektifkan Penyampaian Informasi Melalui VO

Batang - Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Rutan Batang sering mengadakan kegiatan untuk warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). kegiatan yang dilakukan WBP diatur sedemikain rupa baik waktu dan tempatnya.

Batang - Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Rutan Batang sering mengadakan kegiatan untuk warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). kegiatan yang dilakukan WBP diatur sedemikain rupa baik waktu dan tempatnya.

Terkadang ada WBP yang belum mengetahui jadwal kegiatan di dalam Rutan, untuk itu perlu adanya pemberitahuan kepada WBP baik terkait kegiatan maupun informasi penting lainnya. Namun untuk menginformasikan kegiatan ataupun memberi pengumuman kepada WBP sering kali terkendala karena banyaknya WBP yang tersebar di beberapa blok hunian.

Untuk mengatasi hal tersebut, Rutan Batang menyediakan perangkat Voice Over (VO) untuk menyampaikan informasi kepada WBP. Perangkat VO tersebut terdiri dari power amplifier, mikropon dan speaker, demikian dijelaskan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) Dhoni Arib Setyawan, saat ditemui di Rutan Kelas II B, Kabupaten Batang, Senin (31/5/2021).

Setiap blok hunian juga telah dipasang speaker agar suara dapat didengar disetiap bloknya. Tiap blok terpasang speaker sehingga suara akan didengar oleh seluruh WBP.

Informasi, Lanjut dia, yang disampaikan antara lain berupa pemberitahuan pembagian makan, jam angin-angin, jam tutup blok dan sebagainya. untuk informasi rutin, informasi diperdengarkan melalui rekaman suara petugas.

“Perangkat VO diletakkan di ruang Kepala regu pengamanan (Karupam). Karupam dapat menyetel blok mana saja yang dapat mendengar suara dengan pengaturan di amplifiernya. Selain itu menyampaikan informasi kegiatan, Kepala Rutan maupun pejabat lainnya yang akan memberi informasi ataupun himbuan kepada WBP juga dapat menggunakan perangkat tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menambahkan selain berisi pengumuman, juga akan diperdengarkan lagu-lagu nasional.

“Selain pengumuman kami juga akan memperdengarkan lagu nasional untuk memupuk rasa nasionalisme WBP,” jelasnya.

Rindra berharap, kehadiran Perangkan VO akan lebih mengefektikan penyampaian informasi kepada WBP. Kedepan Rindra berencana akan mengembangkannya menjadi radio komunitas yang bisa digunakan WBP untuk menuangkan kreatifitasnya serta sebagai media informasi Rutan Batang. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)