Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / KIROMAL KATIBIN CATATKAN REKOR TERCEPAT DI CLIMBING WORD CUP AMERICA SERIKAT

Berita

Kiromal Katibin Catatkan Rekor Tercepat di Climbing Word Cup America Serikat

Batang - Atlet panjat tebing asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kiromal Katibin (20) berhasil menjadi juara dua dalam ajang Climbing Word Cup atau Piala Dunia Panjat Tebing 2021.

Batang - Atlet panjat tebing asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah,  Kiromal Katibin (20) berhasil menjadi juara dua dalam ajang Climbing Word Cup atau Piala Dunia Panjat Tebing 2021. 

Pemuda asal Kelurahan Kauman RT 02/02 itu juga berhasil mencatatkan sejarah baru, dengan memecahkan rekor dunia panjat tebing untuk kategori speed pada sesi penyisihan yang dilaksanakan tanggal 28/5/2021 di Salt Lake City, Amerika Setikat. 

Wakil Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Batang Putut Husamadiman mengatakan, dalam babak final Kiromal Katibin mencatatkan waktu 5.25 detik, Ia harus mengakui kecepatan temannya sendiri yakni Veddriq Leonardo dari Kalimantan Barat yang mencatatkan waktu 5.20 detik.

“Disesi penyisihan Kiromal Katibin berhasil mencatatkan rekor dunia dengan catatan waktu 05.25 detikyang mengalahkan rekor sebelumnya yang di cetak oleh Reza Alipoutshen dari Negara Iran catatan waktu 05.48 detik ,” kata Putut Husamadiman, saat dihubungi melalui gawainya, Sabtu (29/5/2021). 

Ia mengatakan, seusainya mengikuti ajang Climbing World Cup, Kiromal Katibin harus kembali menjalani latihan dipusat pelatihan  nasional (Platnas) Jakarta untuk menghadapi ajang Olimpiade. 

“Kiromal Katibin dan Leonardo memang dipersiapkan untuk ajang kejuaran kelas dunia. Kiromal Katibin pun sekarang menjadi salah satu andalan panjat tebing dari Indonesia, karena Leonardo usianya sudah mentok,” ungkapnya. 

FPTI Kabupaten Batang, Lanjut dia, saat ini masih memepersiapkan generasi penerus atlit panjat tebing agar melahirkan atlet nasional dan dunia. 

“Walaupun pandemi Covid-19 kita tetap menggelar latihan dengan Protokol kesehatan ketat, Atlit dari FPTI Batang atas nama Ruri, Ia juga masuk ajang PON. saat ini pun masih persiapan di Platda,” terangnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)