Home / Berita / UKM / PLATARAN FOOD & GALERY KEMBALI BANGKITKAN UMKM

Berita

Plataran Food & Galery Kembali Bangkitkan UMKM

Batang - Plataran Food & Galery yang merupakan bentukan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batang, kini hadir kembali untuk membangkitkan perekonomian para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di dunia kuliner, setelah sempat rehat delapan bulan selama pandemi Covid-19.

Batang - Plataran Food & Galery yang merupakan bentukan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batang, kini hadir kembali untuk membangkitkan perekonomian para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di dunia kuliner, setelah sempat rehat delapan bulan selama pandemi Covid-19.

Untuk menarik kembali perhatian konsumen lama dan memikat konsumen baru, maka diusunglah konsep baru sekaligus menu-menu kekinian, khas kaum milenial.

General Manajer Plataran Food & Galery, Weni Arisusanti mengatakan, setelah menempuh proses diskusi yang cukup lama, akhirnya para pemilik stand sepakat untuk bangkit kembali, meski ditengah pandemi, namun dengan menerapkan protokol kesehatan dan memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan.

“Alhamdulillah sekarang stand yang bergabung sudah ful. Menunya pun beragam yang serba kekinian, seperti Ayam Moncer, Bakso Tumpeng dan Nasi Liwet serta lainnya,” katanya saat ditemui di Plataran Food & Galery, Jalan Dr. Wahidin No. 52 Kabupaten Batang, Rabu (19/5/2021).

Beberapa strategi juga telah disiapkan, di antaranya bagi kaum milenial atau pengunjung akan mendapatkan gratis minuman spesial, untuk yang memposting foto saat makan di tempat, lalu membagikan kepada lima grupnya.

“Sekarang karena hari pertama buka, kami berikan potongan harga sebesar 20 persen, setiap Jumat 10 persen,” jelasnya.

Dijelaskannya, di era milenial manajemen juga berupaya untuk mempromosikan menu-menunya melalui media sosial, Yaitu Facebook “Plataran”, Instagram @plataran66 dan Youtube “Plataran”.

Ia menambahkan, kemudahan lainnya apabila ada stand yang ingin memberikan minuman spesial secara “free”, bisa melalui admin yang satu pintu bersama kasir.

“Tiap pagi, kami juga rutin menyapa para pelanggan melalui aplikasi “WhattsApp Bisnis”. Konsumen bisa menikmati menu-menu spesial mulai pukul 12.00 hingga 21.00 WIB, tapi pukul 11.00 kami sudah siap melayani pesanan pengunjung,” terangnya.

Di masa pandemi, Lanjut dia, pihak manajemen berupaya menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Pengunjung kami batasi 60 orang, jika sudah memenuhi sementara pengunjung lain dihentikan dulu,” tegasnya.

Pihak manajemen tetap mengedepankan kualitas rasa dan tampilan, serta pelayanan yang ramah, sehingga akan mengundang konsumen kembali.

Yogi, pemilik stand streak mengutarakan, ia kembali hadir untuk menghidupkan Plataran meski di saat pandemi tetap berpikir positif, dapat menggerakkan sesama pelaku UMKM.

“Persiapannya mental karena seperti buka baru lagi, karyawan juga harus cari lagi,” tuturnya.

Untuk menjaga konsistensi, perlu pemanfaatan fasilitas pesan antar melalui online. Itu merupakan pelayanan prima yang diberikan kepada konsumen yang ingin tetap kenyang, tanpa harus keluar rumah, terlebih saat pandemi.

Selain itu, ada pula UMKM baru, yang bergabung di Plataran Food & Galery. Salah satunya Viras yang berkecimpung di kuliner Ayam Moncer.

“Saya milih bergabung jadi bagian dari Plataran Food & Galery karena manajemennya sudah bagus. UMKM pun bisa mendapat kesempatan mengembangkan usahanya supaya makin dikenal dan banyak konsumen,” ujar dia.

Sementara itu, salah satu konsumen, Silvia mengutarakan, tampilannya semakin bagus, bersih dan nyaman,

“Menunya juga beragam, saya tadi pesan Bakso Tumpeng sama siomay enak rasanya. Apalagi di hari pertama buka ini ada diskonnya pula,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)