Home / Berita / Sosial / BABINSA-BHABINKAMTIBMAS BAGIKAN MENU BERBUKA BAGI WARGA KURANG MAMPU

Berita

Babinsa-Bhabinkamtibmas Bagikan Menu Berbuka Bagi Warga Kurang Mampu

Batang - Puluhan Babinsa Kodim 0736/Batang dan Bhabinkamtibmas Polres Batang terjun langsung membagikan 450 menu berbuka puasa kepada setiap warga kurang mampu dan yang dirasa layak menerimanya.

Batang - Puluhan Babinsa Kodim 0736/Batang dan Bhabinkamtibmas Polres Batang terjun langsung membagikan 450 menu berbuka puasa kepada setiap warga kurang mampu dan yang dirasa layak menerimanya.

Kegiatan ini merupakan program dari Kodam IV/Diponegoro yang digelar selama beberapa hari kedepan, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, di bulan suci Ramadan.

“Kami melaksanakannya pada tanggal 3, 5, 7, 9 dan 11 Mei ke empat wilayah yakni Kecamatan Kandeman, Tulis, Reban dan Subah,” katanya, usai memberangkatkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dari Halaman Makodim 0736/Batang, Rabu (5/5/2021).

Dijelaskannya, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas menyasar kepada warga yang membutuhkan.

“Contohnya, mereka yang bekerja sebagai tukang sapu jalan, tukang becak dan sebagainya, tim akan memberikan langsung ketika melihatnya di jalan,” ungkapnya.

Program ini mendapat dukungan penuh dari Polres Batang yang juga memiliki kegiatan serupa, namun ada sedikit perbedaan, yaitu tim tidak hanya membagikan di pinggir jalan, tetapi mendatangi orang-orang yang memang membutuhkan.

Ia menambahkan, pagi tadi juga telah membagikan beras kepada warga kurang mampu yang tempat tinggalnya berada di sekitar Makodim.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan, sehingga mereka bisa beribadah dengan lebih khusyuk,” harapnya.

Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka mengatakan, sinergi antara TNI-Polri bersama tokoh agama terus dibangun terutama di bulan suci.

“Kami berbagi di bulan Ramadan, dengan sasaran-sasaran yang tepat, yakni kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selama dua hari ini, Lanjut dia, Polres dan Kodim bekerja sama membagikan takjil dan menu berbuka puasa. Selain itu, Polres juga mempunyai program yang sama secara berkelanjutan selama Ramadan di depan Alun-alun dan Mapolres.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Ketua MUI Batang, KH. Zainul Iroqi.

“TNI dan Polri kan juga manusia, pasti ingin meningkatkan keimanan dan pahala dari Allah SWT. Jadi tidak ada salahnya, mereka juga mempunyai kesempatan yang sama seperti masyarakat lainnya,” ujar dia.

Dengan adanya pembagian menu berbuka puasa langsung kepada warga yang membutuhkan, wujud bahwa TNI-Polri juga mempunyai hubungan horizontal dan vertikal yang baik.

“Antara TNI-Polri kalau berjalan berdampingan seperti ini insyaallah baik dan akan mendekat kedua institusi ini dengan masyarakat,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)