Home / Berita / Sosial / PERUSAHAAN WAJIB BAYARKAN THR SEPEKAN SEBELUM LEBARAN

Berita

Perusahaan Wajib Bayarkan THR Sepekan Sebelum Lebaran

Batang - Bupati Batang Wihaji memerintahkan kepada para pengusaha untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai instruksi pemerintah pusat.

Batang - Bupati Batang Wihaji memerintahkan kepada para pengusaha untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai instruksi pemerintah pusat.

Menindaklanjuti perintah tersebut Dinas Ketenagakejaan (Disnaker) Kabupaten Batang telah memberikan imbauan dengan mengirimkan surat resmi kepada seluruh perusahaan agar membayarkan THR bagi pekerja sepekan sebelum Hari Raya Idulfitri.

Kepala Disnaker, Suprapto mengatakan, para pengusaha sudah memperoleh surat edaran dan tidak ada yang merasa keberatan untuk memberikan THR tujuh hari menjelang lebaran.

Sampai saat ini belum ada keluhan dari perusahaan, artinya mereka bersedia memberikan THR kepada pekerjanya. Surat edaran juga sudah diberikan, apabila ada yang keberatan segera melapor, supaya diketahui apa alasannya. Jika memang tidak mampu akan dibicarakan bersama pihak terkait.

“Seluruh perusahaan di Kabupaten Batang berjumlah 389, sedangkan khusus yang berskala besar 38 perusahaan dan jumlah pekerjanya 27.308 orang,” katanya, usai mengikuti buka bersama perwakilan pengusaha dan pekerja di Rumah Dinas Bupati, Kabupaten Batang, Sabtu (1/5/2021).

Ia menegaskan, berdasarkan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, pembayaran THR harus diberikan secara penuh paling lambat H-7.

“Kalau perusahaan memberikan THR melebihi waktu yang ditentukan berarti mereka melanggar regulasi yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Bendahara Apindo, Amir Hamzah mengutarakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan tentang perusahaan yang keberatan dalam pembayaran THR.

“Kami meminta agar perusahaan semuanya bisa memberikan hak-hak karyawan,” harapnya.

Keputusan pembayaran THR diserahkan kepada pengusaha dan karyawan, dengan skema dua kali pembayaran atau sesuai kesepakatan bersama.

“Dibayarkan setengahnya dulu saat ini, nanti setengahnya lagi mungkin habis lebaran atau mungkin menjelang putra-putri dari karyawan masuk sekolah,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)