Home / Berita / Kesehatan / DINKES BATANG PUNYA KEBIJAKAN SATU ORANG BAWA DUA ORANG LANSIA UNTUK VAKSINASI

Berita

Dinkes Batang Punya Kebijakan Satu Orang Bawa Dua Orang Lansia Untuk Vaksinasi

Batang - Pelaksanaan vaksinasi lanjut usia (lansia) di Kabupaten Batang baru mencapai 8,96% untuk hari kemarin. Hal tersebut membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dalam bulan Ramadan ini menargetkan agar capaiannya minimal sama dengan pelayanan publik.

Batang - Pelaksanaan vaksinasi lanjut usia (lansia) di Kabupaten Batang baru mencapai 8,96% untuk hari kemarin. Hal tersebut membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dalam bulan Ramadan ini menargetkan  agar capaiannya minimal sama dengan pelayanan publik.

“Tahap kedua ini yang harus divaksinasi itu pelayanan publik dan lansia, awal-awal memang mengutamakan pelayanan publik tetapi ditengah perjalanan ada kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk lansia didahulukan” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Yuli Suryandaru saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Kamis (15/4/2021).

Kabupaten Batang sendiri, Lanjut dia, sudah terlanjur mendata pelayanan publik  baru lanjut ke lansia.   Dinas Kesehatan  membuat kebijakan agar lansia dipermudah vaksinasinya  dengan mengadopsi program DKI Jakarta

“Kebijakan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang yaitu seorang pelayanan publik bisa membawa dua orang lansia untuk di vaksinasi  jelasnya."

Dijelaskannya, lansia yang dibawa tidak harus orang tuanya, bisa saudara dan tetangganya yang penting berumur lebih dari 60 tahun seperti syarat vaksinasi lansia. Jika cuma membawa satu orang harus menunggu dahulu persediaan vaksinnya kalau ada yang tersisa baru bisa divaksin

Sementara untuk kebijakan satu orang pelayanan publik membawa dua lansia itu masih di Kecamatan Batang,  lokasinya di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Rumah Sakit QIM, dan Rumah Sakit Umam Daerah Batang tetapi untuk yang di daerah masih lewat desa.

“Pada bulan Ramadan kita sudah membuat rencana mulai tanggal 16 April 2021 untuk di Rumah Sakit QIM dan Rumah Sakit Umum Daerah Batang tetap pagi dan yang di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang kita coba jadwal malam hari dari pukul 20.00 WIB sampai 22.00 WIB,” terangnya.

Diharapkan, adanya kebijakan baru ini para lansia itu bisa melakukan vaksinasi dengan diantar keluarganya agar termotivasi bahwa vaksinasi itu aman. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)