Home / Berita / Sosial / PERAN GUDEP RUTAN BATANG, BENTUK WBP BERKARAKTER

Berita

Peran Gudep Rutan Batang, Bentuk WBP Berkarakter

Batang - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang, Retno Dwi Irianto mengukuhkan Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pengurus Gugus Depan Putra 11-195 dan Gugus Depan Putri 11-196, Pangkalan Rutan Kelas IIB Batang masa bakti 2021-2023, agar ikut berperan membentuk karakter Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Batang - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang, Retno Dwi Irianto mengukuhkan Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pengurus Gugus Depan Putra 11-195 dan Gugus Depan Putri 11-196, Pangkalan Rutan Kelas IIB Batang masa bakti 2021-2023, agar ikut berperan membentuk karakter Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Retno Dwi Irianto mengatakan, selama ini Pramuka tidak hanya ada di lingkungan sekolah saja, namun realitasnya perannya dirasakan hingga di instansi-instansi pemerintah. Salah satunya Gerakan Pramuka Pangkalan Rutan Kelas IIB Batang pun telah dikukuhkan kepada para pegawai yang nantinya akan membina WBP memiliki jiwa nasionalisme dan kegotong-royongan.

“Dibentuknya Gugus Depan di sini penting, karena mereka berperan untuk membina WBP, agar terjadi perubahan karakter menjadi lebih baik,” katanya usai mengukuhkan Mabigus di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, Senin (1/4/2021).

Dijelaskannya, telah dibentuk Gugus Depan di Rutan Batang, karena dapat menjadi sarana untuk melakukan pembinaan kepada WBP, tentang pembentukan karakter nasionalisme, integritas, religius dan gotong-royong.

“Pascapengukuhan ini kakak-kakak Mabigus tetap akan mendapatkan pendampingan dari Kwarcab maupun Kwarran. Kami akan memfasilitasi melalui ranting-ranting terdekat di tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Retno pun mengapresiasi karena Rutan Batang menjadi perintis dibentuknya Gugus Depan di lingkungan Rutan, khususnya di wilayah pantura bagian barat.

“Berarti ini akan menjadi contoh dan memotivasi kepada Rutan maupun Lapas lainnya. Hal ini sesuai instruksi dari Kemenkumham RI, maka merupakan sebuah percepatan yang luar biasa,” tuturnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana usai dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka. Mabigus), menyampaikan, pengukuhan tersebut dilakukan khusus untuk memberikan pembinaan kepada WBP agar memiliki jiwa kepramukaan.

“Semangatnya akan lebih besar setelah dikukuhkan langsung oleh Ketua Kwarcab Batang, dalam membina WBP nantinya,” jelasnya.

Menurutnya, Pramuka merupakan sebuah gerekan yang dapat membantu dalam proses pembinaan. Di dalam Pramuka semua kegiatannya sangat lengkap, baik kemandirian dan kepribadian, yang semuanya sangat berkesinambungan dan bermanfaat bagi pembinaan WBP.

“Di masa-masa awal, kami tetap akan mendapatkan pendampingan dari Kwarcab Batang, karena kawan-kawan butuh pemantapan ilmu kepramukaan sebelum diterapkan kepada WBP,” ungkapnya.

Idealnya seluruhnya, lanjut dia, namun kembali lagi kepada minat dan bakat WBP.

“Kepada teman-teman yang baru dikukuhkan, maka ada kewajiban untuk belajar terus - menerus, baik secara mandiri maupun mendapatkan pelatihan khusus dari Kwarcab,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)