Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / CIPTAKAN GENERASI RELIGI, YARS SERAHKAN RATUSAN ALQURAN

Berita

Ciptakan Generasi Religi, YARS Serahkan Ratusan Alquran

Batang - Para alumni SMKN 2 Pekalongan yang terhimpun dalam Yayasan Alumni Rahim Sakpore (YARS) menyerahkan ratusan Alquran ke sejumlah masjid, sebagai upaya berperan aktif untuk mendukung terciptanya generasi muda yang religius.

Batang - Para alumni SMKN 2 Pekalongan yang terhimpun dalam Yayasan Alumni Rahim Sakpore (YARS) menyerahkan ratusan Alquran ke sejumlah masjid, sebagai upaya berperan aktif untuk mendukung terciptanya generasi muda yang religius.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua YARS Pekalongan, H. Saelany Machfudz ke beberapa masjid, di antaranya Masjid Jami’ Landungsari, musala di Rusunawa Kota Pekalongan dan sekitarnya.

“Sudah banyak kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang dilakukan. Salah satunya menjelang datangnya bulan suci Ramadan, kami menyerahkan 100 Alquran ke masjid-masjid di wilayah Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang,” katanya usai menyerahkan 26 Alquran kepada Takmir Masjid H. Abdul Rozak di Masjid Al Hidayah, Wirosari I Sambong, Kabupaten Batang, Minggu (11/4/2021).

Ia mengharapkan, melalui kegiatan tersebut menjadi peran serta YARS kepada masyarakat, karena komitmen utamanya adalah hidup yang menhidupi.

“Gerakan wakaf Alquran ini berasal dari alumni kepada bangsa Indonesia. Artinya gerakannya dilaunching secara nasional, karena para alumni kami tersebar di kota-kota besarj,” elasnya.

Yayasan yang telah dibentuk sejak dua tahun lalu ini, tidak hanya berkontribusi di bidang religi saja. Namun kiprahnya telah benyak dirasakan masyarakat di bidang ekonomi.

“Ada pula disisi sosial seperti saat terjadi banjir beberapa waktu lalu, kami berperan aktif terhadap bidang keuamatan, yakni membantu kebutuhan warga terdampak bencana,” ungkapnya.

Kegiatan serupa, Lanjut dia, akan dikembangkan. Namun kedepan YARS lebih menitikberatkan pada sisi ekonomi.

“Jadi kami tidak hanya kuat dalam silaturahim saja, tapi dari sisi pemberdayaan umat di bidang perekonomian pun tangguh,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, generasi qur’ani dapat terwujud. Yakni yang memahami tentang nilai-nilai Alquran, sehingga akan timbul generasi yang menegakkan agama dan kemaslahatan ditengah umat.

H. Abdul Rozak mengucapkan terima kasih terhadap perhatian yang ditunjukkan oleh YARS, dengan menyerahkan sejumlah Alquran.

“Alquran ini memang sangat kami butuhkan. Apalagi tiap ayatnya disertai terjemahan, sehingga memudahkan jamaah untuk memahami maknanya,” ujar dia.

Ia menambahkan, Masjid Al Hidayah semula adalah sebuah musala, namun karena adanya pandemi Covid-19, yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan, maka berubah menjadi masjid agar dapat menampung jamaah saat salat Jumat.

“Programnya beragam, karena sebelum menjadi masjid pun telah banyak menyelenggarakan kegiatan keagamaan. Semoga akan semakin makmur, jamaahnya semakin banyak,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Sambong, Teguh Setiyanto berkeyakinan bahwa jamaah Masjid Al Hidayah memiliki semangat tinggi untuk membaca Alquran dan memahami kandungannya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Saelany Machfud bersama rombongan. Semoga persaudaraan kedua belah pihak semakin guyub rukun dalam mewujudkan generasi religius,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)