Home / Berita / Sosial / DUKUNG KEBUTUHAN AIR PETANI, BABINSA BERSIHKAN SALURAN IRIGASI

Berita

Dukung Kebutuhan Air Petani, Babinsa Bersihkan Saluran Irigasi

Batang - Demi membantu kelancaran dalam pengolahan lahan pertanian serta mendukung kebutuhan air bagi para petani, Babinsa bersama warga membersihkan saluran irigasi di Dukuh Salam, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (7/4/2021).

Batang - Demi membantu kelancaran dalam pengolahan lahan pertanian serta mendukung kebutuhan air bagi para petani,  Babinsa bersama warga membersihkan saluran irigasi di Dukuh Salam, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (7/4/2021).

Babinsa Koramil 12/Tulis Sertu Afandi bersama warga bergotong-royong membersihkan saluran irigasi yang kurang lancar akibat banyaknya sampah maupun tumbuhan liar dipasca musim penghujan, sehingga terjadi penyumbatan disepanjang saluran irigasi tersebut.

Kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi secara lancar, maka harus dilakukan pembersihan saluram air, supaya tidak tersumbat yang dapat menyebabkan saluran air macet bahkan terhambat.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, saluran irigasi yang merupakan penyedia bahan baku air untuk mendukung kebutuhan sarana air tentunya harus dijaga bersama-sama, sehingga sektor pertanian dapat mengolah lahan dengan lancar,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap, apabila saluran irigasi sawah lancar maka hasil panen para petani akan lebih maksimal, dengan demikian ketahanan pangan khusunya di wilayah Kecamatan Kandeman dapat terwujud petani sukses. Sehingga dengan kerja bakti ini kita akan saling mengenal dan mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Sementara itu, Kepala Desa Bakalan Sugiarto, mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan Babinsa bersama warga masyarakat, tentunya hal ini kegiatan yang sangat baik, berkat keguyubrukunan dan kegotongroyongan memperlancar saluran irigasi semoga sektor pertanian di wilayah Tulis menjadi lancar dan dapat meningkatkan hasil panen.

“Kedepan kami berharap kepada warga masyarakat selalu peduli terhadap sarana irigari, kegiatan ini secara rutin harus kita laksanakan, karena mayoritas penduduk disini bermata pencaharian sebagai petani. Semoga menjadi petani yang sukses, makmur serta sejahtera,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)