Home / Berita / Teknologi / RUTAN BATANG UJI COBA LAYANAN KUNJUNGAN ONLINE

Berita

Rutan Batang Uji Coba Layanan Kunjungan Online

Batang - Dalam rangkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang meluncurkan program layanan kunjungan online.

Batang - Dalam rangkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang meluncurkan program layanan kunjungan online.

Pengunjung diarahkan ke ruangan kunjungan online. Disana sudah disediakan perangkat komputer terhubung dengan internet dan webcam. Tak lama kemudian WBP yang dimaksud sudah siap dilayar monitor. Slamet pun berbincang-bincang dengan keluarganya tanpa kendala jaringan.

Dengan kunjungan online, masyarakat bisa mengunjungi/berkomunikasi langsung dengan keluarganya yang berada di dalam Rutan. Seperti Slamet (30) warga Rowobelang memanfaatkan layanan kunjungan online untuk mengunjungi temannya di Rutan, Kabupaten Batang, Kamis (25/3/2021).

“Saya ingin menengok teman saya yang berada di dalam rutan,” katanya.

Selesai melakukan kunjungan online, ia mengirimkan uang kepada keluarganya untuk digunakan membeli keperluan pribadi di kantin dalam Rutan.

Pengiriman uang tersebut dilayani dengan fasilitas topup Brizi di ruangan yang sama.

Slamet pun merasa puas dengan layanan di Rutan Batang. “Layanan di Rutan Batang bagus,” sanjungnya.

Rutan Batang sendiri memberlakukan kebijakan bebas peredaran uang tunai di dalam rutan. Hal tersebut untuk menghindari praktik pungli di dalam rutan. Sebagai gantinya pihak Rutan bekerjasama dengan BRI Cabang Batang menyediakan fasilitas e-money berupa kartu Brizi.

Kartu tersebut bisa digunakan WBP untuk membeli kebutuhan di kantin Rutan yang dikelola Koperasi Pegawai.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menjelaskan, selain layanan kunjungan online, pihaknya juga menyediakan wartelsus yang dilengkapi dengan sarana videocall. Sehingga WBP yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Layanan ini sebagai bukti komitmen kami dalam melaksakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan target meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2021,” ujar dia.  

Rindra berharap, layanan kunjungan online dapat diketahui oleh masyarakat dan dirasakan manfaatnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)