Home / Berita / UKM / 48 PESERTA TERSELEKSI IKUTI PELATIHAN KETERAMPILAN BERBASIS KOMPETENSI

Berita

48 Peserta Terseleksi Ikuti Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang berupaya meningkatkan kecakapan keterampilan masyarakat di tengah pandemi.

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang berupaya meningkatkan kecakapan keterampilan masyarakat di tengah pandemi.

Kepala Disnaker Kabupaten Batang Suprapto mengatakan, pelatihan ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan kecakapan keterampilan khususnya usia produktif untuk menjadi wirausaha mandiri.

“Sesuai dengan Tugas dan fungsi (Tupoksi) pemberdayaan masyarakat Disnaker membuka peluang ketersediaan tenaga kerja khusunya kepada pemuda Kabupaten Batang yang belum punya usaha dan pengangguran untuk berpotensi mempunyai usaha dengan keterampilan yang diberikan pada pelatihan”, kata Suprapto usai membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Anggaran APBN 2021 Tahap I di BLK Kabupaten Batang, Kamis (25/2/2021).

Setelah melalui beberapa tahapan dari pendaftaran, tes tertulis, wawancara dan rapid tes oleh Dinas Kesehatan, Lanjut dia, peserta diharapkan mampu meningkatkan keterampilan sesuai kebutuhan yang diinginkan guna menjadi wirausaha mandiri.

“Setelah selesai pelatihan harapannya peserta bisa memulai usaha mandiri melalui pembinaan dan monitoring yang akan kami lakukan”, katanya.

Sementara, Kepala UPTD BLK Kabupaten Batang Elisyatun Muslimah mengungkapkan, secara teknis Pelatihan di bagi 3 kelompok program yaitu kejuruan pembuatan roti dan kue 16 peserta, kejuruan menjahit pakaian dewasa 16 peserta, dan kejuruan pengelolaan administrasi perkantoran 16 total 48 peserta.

“Untuk jadwal pelatihan kejuruan menjahit pakaian dewasa dan kejuruan pengelolaan administrasi perkantoran pada tanggal 25 Februari sampai 7 April 2021 dan untuk kejuruan pembuatan roti dan kue 25 Februari sampai 19 April 2021,terangnya.

Elis menambahkan, pada pelatihan kali ini para peserta dibekali materi softskill, produktivitas dan materi unit kompetensi inti.

Salah seorang peserta Kristanto mengatakan, bahwa ia berminat mengikuti pelatihan kejuruan pengelolaan administrasi perkantoran guna mencari pengalaman dan meningkatkan skill keterampilannya.

Disnaker Batang kembali berencana membuka Pelatihan Tahap ke II dengan program yang berbeda pada semester kedua namun dengan ketentuan melihat perkembangan keuangan dari pusat dan daerah sekaligus menyambut pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. (MC Batang, JatengFauzi/Jumadi)