Home / Berita / Kesehatan / RUTAN BATANG UNDANG PUSKESMAS CEK KELAYAKAN DAPUR

Berita

Rutan Batang Undang Puskesmas Cek Kelayakan Dapur

Batang - Sanitasi atau kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan. Sanitasi lingkungan yang buruk dapat menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.

Batang - Sanitasi atau kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan. Sanitasi lingkungan yang buruk dapat menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.

Untuk menjamin sanitasi yang sehat Rutan Batang mengundang petugas dari Puskesmas Batang III untuk mengecek secara langsung fasilitas umum seperti dapur dan masjid di Rutan Kabupaten Batang, Kamis (18/2/2021).

Dua orang petugas sanitarian dari Puskesmas Batang III mengecek ruang dapur muali dari tempat racik, pengolahan, penyajian makanan, kelengkapan kebersihan dapur seperti alat pel, tempat sampah dan lain-lain.

Petugas Sanitarian dari Puskesmas Batang III, Suprihatiningsih menyarankan untuk meningkatkan kebersihan lantai dapur dan memperbanyak tempat sampah.

“Untuk masjid sudah cukup bersih, fasilitas air juga sudah cukup memadai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menuturkan, sedang merenovasi dapur Rutan agar lebih mempermudah pekerjaan dan lebih rapi.

“Ruang racik yang baru telah selesai kami bangun, untuk ruangan lain sedang kami upayakan,” tuturnya.

Selain menjaga sanitasi dapur, untuk meningkatkan layanan makanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), semua koki di dapur Rutan telah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas Puskesmas Batang III dan telah dikeluarkan surat keterangan sehat.

Rindra berharap, dengan menyediakan layanan dapur yang layak dan sehat akan memberikan kepuasan kepada WBP. Harapannya WBP tetap sehat tercukupi gizi selama di dalam Rutan dan tidak terjadi gangguan kemamanan dan ketertiban.Pemeriksaan kesehatan koki tersebut rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)