Home / Berita / Teknologi / BRANDING BATANG, DISKOMINFO UPAYAKAN PENGEMBANGAN KIM

Berita

Branding Batang, Diskominfo Upayakan Pengembangan KIM

Batang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang bekerjasama dengan para Sekretaris Kecamatan (Sekcam) se-Kabupaten Batang, melakukan rapat koordinasi terkait pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (18/2/2021).

Batang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang bekerjasama dengan para Sekretaris Kecamatan (Sekcam) se-Kabupaten Batang, melakukan rapat koordinasi terkait pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (18/2/2021).

KIM dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat. Informasi yang disebarluaskan merupakan informasi positif yang bisa mem-branding Kabupaten Batang agar dikenal oleh kalangan luas.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Batang Puji Setiyowati mengatakan, KIM di wilayah Kabupaten Batang sudah dibentuk sejak lama, akan tetapi fungsinya belum maksimal. Oleh karena itu, Diskominfo Kabupaten Batang berupaya memaksimalkan fungsi KIM dengan melakukan sosialisasi di masing-masing desa.

“Intinya butuh untuk pengembangan KIM, karena saat ini jumlahnya masih 41 desa. Untuk mewujudkan hal ini, butuh koordinasi yang lebih intensif, sehingga diadakan forum ini agar memudahkan koordinasi antara pihak Diskominfo dan kecamatan yang memiliki ruang lingkup pembinaan ke desa/kelurahan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari total 15 kecamatan se-Kabupaten Batang rencananya akan dilakukan sosialisasi keliling, dimana per-kecamatan akan dipilih lima desa sebagai perwakilan KIM.

“Sosialisasi ini rencananya akan dimulai pada 1-15 Maret 2021 dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya, dengan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Puji berharap, program ini dapat berjalan dengan lancar dan KIM bisa memberikan informasi kepada masyarakat secara mudah dan terbuka.

“Semoga kedepannya, KIM yang sudah terbentuk di tiap-tiap desa ini bisa saling berkompetisi dalam hal penyebarluasan informasi, sehingga Kabupaten Batang semakin maju,” pintanya.

Sementara, Perwakilan Kecamatan Reban Sucipto menyampaikan, beberapa desa di Kecamatan Reban untuk sementara ini masih terkendala jaringan, sehingga dikhawatirkan nantinya fungsi KIM di desa tersebut kurang maksimal.

“Sebagai contoh di Desa Ngadirejo jaringan internet masih kurang stabil, diharapkan peran Diskominfo Batang juga turut membantu sarana dan prasarana yang ada, seperti pemasangan jaringan internet agar kendala seperti ini dapat teratasi,” ujar dia.

KIM merupakan organisasi berbadan hukum yang dibentuk berdasarkan Permenkominfo No.08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Komunikasi dan Informatika di Kabupaten/Kota. (MC Batang, Jateng/Siska/Ardhy)