Home / Berita / Ekonomi / BAPELITBANG BATANG: LOMBA INOVASI PENINGKATAN EKONOMI DESA SOLUSI PEMBERDAYAAN GENDER PEREMPUAN

Berita

Bapelitbang Batang: Lomba Inovasi Peningkatan Ekonomi Desa Solusi Pemberdayaan Gender Perempuan

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar rapat koordinasi persiapan lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau keluarahan berbasis pemberdayaan perempuan Kabupaten Batang di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Selasa (16/2/2021).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar rapat koordinasi persiapan lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau kelurahan berbasis pemberdayaan perempuan Kabupaten Batang di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Selasa (16/2/2021).

Sekretaris Bapelitbang Kabupaten Batang Aenun Mardhiyah mengatakan, lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau kelurahan berbasis pemberdayaan perempuan dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah, daya saing daerah, peningkatan indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender.

Dalam hal ini ada kesetaraan laki-laki dan perempuan pada saat pelaksanaan pembangunan daerah yang berkesinambungan,  upaya yang komprehensif  dan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sesuai kebijakan pembangunan daerah tahun 2021 yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat dengan memperkuat sumber daya manusia.

“Lomba ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penghargaan dalam bentuk dana stimulan  kepada masyarakat desa khususnya kelompok perempuan yang berhasil melakukan inovasi yang nantinya dapat dikelola dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbang Satriyo Rah Wicaksono mengatakan, bahwa inovasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat perempuan berbasis ekonomi desa atau keseluruhan harus fokus dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi diantaranya pariwisata, ekonomi kreatif, kelautan dan perikanan, terakhir agrobisnis.

Dijelaskannya, kriteria yang dapat mendaftar diutamakan minimal beranggotakan 10 orang perempuan setelah itu ada laki-lakinya tidak apa-apa, tetapi jika perempuan menyeluruh dapat meningkatkan penilaian tersendiri, membuat proposal inovasi rencananya.

“Pengajuan proposal lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan melalui kecamatan masing-masing paling lambat bulan Maret 2021, nantinya proposal akan diverifikasi tim kecamatan jika yang mendaftar banyak akan diseleksi menjadi 6 saja jika cuma ada 3 atau 4 yang mendaftar akan ditentukan dengan nilai standar yang harus dicapai baru lolos verifikasi kecamatan baru nantinya verifikasi kabupaten,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)