Home / Berita / UKM / DISNAKER BATANG BUKA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI TAHAP PERTAMA

Berita

Disnaker Batang Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Pertama

Batang - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang melalui UPTD BLK mengadakan pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi tahun 2021 tahap pertama.

Batang - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang melalui UPTD BLK mengadakan pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi tahun 2021 tahap pertama.

“Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program kegiatan sesuai RPJMD Kabupaten Batang tahun 2017 sampai 2022 dan menyambut Kawasan Industri Terpadu (KITB) serta penanggulangan dampak pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang Suprapto saat ditemui di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang, Rabu (27/1/2021).

Pelatihan ini bersumber dari anggaran dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan APBD Kabupaten Batang yang menjadikan masing-masing kuota kelasnya ada 16 orang peserta saja.

“Tujuan dilakukan pelatihan ini agar memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan baik teori dan praktik sesuai dengan unit kompetensi yang ada masing-masing program pelatihan kemudian memberikan sertifikasi kompetensi sesuai dengan standar SKKNI dan mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompeten,” jelasnya.

Sementara, Kepala UPTD BLK Kabupaten Batang Elisyatun Muslimah mengatakan, program pelatihan yang dibuka diantaranya menjahit pakaian dewasa, pembuatan roti dan kue, pengelola administrasi perkantoran dan operator komputer. Pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021.

“Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 sampai 29 Januari 2021 dilanjutkan seleksi tanggal 1 Februari sampai 2 Februari 2021, kemudian akan diumumkan siapa saja yang akan lolos pada tanggal 8 Februari 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui link bit.ly/pelatihanblkbatang2021 dan pelatihan.kemnaker.go.id,” terangnya.

Kendalanya, Lanjut dia, pendaftaran melalui online sendiri masyarakat tidak semua paham, jadi masih ada beberapa yang bertanya di sosial media kami, jika belum paham bisa langsung melihat melalui link bit.ly/panduan_akun_kemnaker.

Diharapkan, peserta yang akan diseleksi dapat menjalani pelatihan secara sungguh-sungguh, karena untuk bekal ilmu mereka dalam nantinya melamar pekerjaan atau membuka wirausaha baru. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)