Home / Berita / Sosial / BUPATI BATANG TINJAU PEMANFAATAN ANGGARAN UNTUK SETIAP RT

Berita

Bupati Batang Tinjau Pemanfaatan Anggaran Untuk Setiap RT

Batang - Bupati Batang Wihaji meninjau langsung ke beberapa Rukun Tetangga (RT) penerima anggaran sebesar Rp2.500.000,00 untuk pencegahan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat.

Batang - Bupati Batang Wihaji meninjau langsung ke beberapa Rukun Tetangga (RT) penerima anggaran sebesar Rp2.500.000,00 untuk pencegahan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat.

“Ada anggaran yang dikembalikan oleh Pemerintah Pusat tetapi hanya boleh untuk dua hal yaitu pencegahan Covid-19 dan pemberdayaan ekonomi, karena turunnya anggaran pada akhir tahun 2020  kita putuskan pertama untuk pencegahan covid-19 dengan kita memberi hibah ke semua RT  untuk pembuatan  masker dan tempat cuci tangan,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kelurahan  Sambong, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (21/1/2021).

Khusus untuk pemberdayaan kita peruntukan budidaya madu dan budidaya cacing, karena yang mempunyai potensi adalah itu. Cacing bisa hidup disegala tempat dan tempatnya sendiri tidak harus luas sehingga proses ternaknya juga sederhana.

“Dalam pemberdayaan ini memang ujiannya berat tapi minimal ada edukasi yang dilakukan. RT yang mempunyai potensi silahkan saja dan ini menjadi salah satu ruang pendapatan baru bagi institusi paling rendah yaitu RT,” jelasnya.

Dijelaskannya, setiap RT mendapatkan anggaran sebesar Rp2.500.000,00 dengan rincian Rp1.000.000,00 untuk pemberdayaan PKK dengan menanam tanaman jenis sayuran dan Rp750.000,00 untuk pemberdayaan, sisanya untuk pencegahan Covid-19.

“Budidaya cacing memang cukup sulit tidak semua akan berhasil, setidaknya kita sudah berikhtiar bersama untuk memaksimalkan dan mencari masalahnya dimana. Karena itu saya perintahkan dinas terkait untuk mengontrol agar  tidak ada masalah dikemudian hari.

Diharapkan, budidaya cacing ini bisa sukses, karena sudah ada cerita historisnya yang berhasil membudidayakan cacing dan masyarakat yang masih kesulitan dengan budidaya cacing bisa berkoordinasi dengan  dinas terkait. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)