Home / Berita / Ekonomi / BPS LAPORKAN IPM DI BATANG MENINGKAT

Berita

BPS Laporkan IPM di Batang Meningkat

Batang - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi satu di antara indikator suksesnya program pemerintah di Kabupaten.

Batang - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi satu di antara indikator suksesnya program pemerintah di Kabupaten.

Diketahui IPM Kabupaten Batang pada 2018 silam di angka 67%, dan Pemkab Batang menargetkan angka IPM di atas 70% pada 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang Eddy Prawoto usai audiensi dengan Bupati Batang Wihaji di Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Senin (21/12/2020).

“IPM memang lumayan sulit untuk bisa naik lebih banyak, tetapi prestasi tahun ini Kabupaten Batang termasuk urutan 10 besar tingkat Jawa Tengah, sedangkan Untuk tingkat karisidenan memperoleh peringkat pertama yaitu 68,65,” jelasnya.

Untuk pertumbuhan mencapai 0,34 persen, maka dari itu kita harus mempertahankannya. Jangan melihat posisi, sebab jika kita melihat posisi karena akan berpengaruh dampaknya.

“Seperti yang disampaikan oleh Bupati Batang, kenapa IPM sulit dicapai, karena rata-rata di Kabupaten Batang ini bermasalah dengan pendidikan. Karena diukur dari orang yang berpendidikan usia 25 tahun atau lebih,” tuturnya.

Maka dari itu dengan adanya investasi yang besar adalah momentum yang supaya industri ini membutuhkan minimal pendidikannya SMA atau sederajat. Karena dari yang kita punya IPM pendidikan berkendala pada tamat SD.

Diharapkan, dengan adanya sinergitas BPS antara Pemkab Batang data sangat diperlukan, karena data itu dapat menggugah secara langsung peran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. (MC Batang, Jateng/Jumadi)