Home / Berita / Sosial / RUTAN BATANG BAKAL SEGERA DISINGGAHI PERPUSTAKAAN KELILING

Berita

Rutan Batang Bakal Segera Disinggahi Perpustakaan Keliling

Batang - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang tampaknya akan segera menikmati fasilitas perpustakaan.

Batang - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang tampaknya akan segera menikmati fasilitas perpustakaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Batang Rakhmat Nurul Fadilah, menjanjikan Rutan Batang akan disinggahi perpustakaan keliling..

Kepala Rutan (Karutan) Batang, Rindra Wardana, menerima kunjungan Disperpuska Kabupaten Batang untuk meninjau perpustakaan yang sudah ada di rutan. Kepala Disperpuska memuji perpustakaan yang dikelola Rutan Batang. Menurutnya, penataannya sudah bagus dan rapi.

“Perpustakaan Rutan Batang sudah bagus dan rapi. Penataannya sesuai dengan kode buku,” kata Kepala Disperpuska Batang Rakhmat Nurul Fadilah saat mengunjungi Rutan Batang, Rabu (25/11/2020).

Namun, menurutnya koleksi buku di perpustakaan Rutan Batang masih kurang. Untuk itu pihaknya menjanjikan akan memberikan bantuan buku bacaan. Selain itu, Rakhmat juga mengaku akan memberikan pelatihan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan kepada Pegawai Rutan Batang.

“Nanti akan kita adakan pelatihan pengelolaan perpustakaan untuk Rutan Batang,” tuturnya.

Sementara, Kepala Rutan Batang Rindra Wardana menyambut baik perhatian dan dukungan Disperpuska Kabupaten Batang. Menurutnya, antusiasme WBP dalam membaca sangat baik.

“Buku keterampilan aplikatif seperti pertanian, peternakan, dan lain-lain cukup diminati para WBP,” jelasnya.

Saat ini, perpustakaan Rutan Batang telah memeiliki sekitar 500 koleksi buku yang berasal dari bantuan Perpustakaan Nasional maupun hibah masyarakat. Terletak di sebelah blok hunian, pihak rutan berharap WBP dapat dengan mudah mengunjungi perpustakaan setiap harinya.

Rombongan Disperpuska Kabupaten Batang juga berkesempatan melihat produk peci rajut karya WBP perempuan. Rakhmat pun terkesan dengan produk tersebut dan mendukung kegiatan kemandirian yang ada di Rutan Batang. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)