Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG IKUTI UJI PUBLIK KETERBUKAAN INFORMASI SECARA VIRTUAL

Berita

Bupati Batang Ikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi Secara Virtual

Batang Bupati Batang Wihaji mengikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi dalam Masa Pandemi Covid-19 oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah secara virtual di Ruang Abirawa Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (25/11/2020).

Batang Bupati Batang Wihaji mengikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi dalam Masa Pandemi Covid-19 oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah secara virtual di Ruang Abirawa Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (25/11/2020).

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Batang tengah bersaing dengan 19 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah untuk menjadi yang nomor satu dalam hal pengelolaan data informasi publik.

Bupati Batang Wihaji, saat memberikan paparan mengatakan, di era pandemi Covid-19 seperti sekarang, selain penanganan ekonomi Pemkab Batang juga memiliki program penanganan Covid-19 lainnya yaitu program Zero Covid yang merupakan program percepatan dalam penanganan warga terdampak Covid-19 agar Kabupaten Batang terbebas dari Covid-19.

“Ini merupakan bagian dari semangat kita dalam hal pencegahan, penanganan, dan pemulihan ekonomi yang melibatkan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 termasuk Forkopimda, Dinkes, RSUD, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, untuk pencegahan setiap daerah hampir melakukan hal yang sama, bedanya Pemkab Batang memiliki program Zero Covid, karena yang diketahui itu cara penularannya, maka yang dilakukan yaitu cara agar tidak terjadi penularan.

“Setiap warga yang positif, kita pastikan harus isolasi selama 14 hari, kita pantau terus kondisinya, selain itu juga kita berikan bantuan uang tunai senilai Rp1 juta dan sembako,” terangnya.

Sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, Lanjutnya, segala informasi seputar Covid-19 di Kabupaten Batang dapat diakses di laman https://corona.batangkab.go.id, baik itu data jumlah kasusnya, bahkan peta sebaran Covid-19 per Kecamatan hingga Desa juga ada.

Sementara, Tim Penilai dari Lapor Covid-19 Irma Hidayana mengapresiasi keterbukaan informasi yang ada di Kabupaten Batang, karena dalam laman https://corona.batangkab.go.id segala data yang dibutuhkan sudah tersedia.

“Saya sangat mengapresiasi laman Covid-19 milik Kabupaten Batang, tetapi menurut saya masih ada hal yang kurang, yaitu data jumlah tes rapid atau swab per harinya itu belum ada, mudah-mudahan setelah pertemuan ini harapannya kabupaten batang bisa menampilkan data tersebut,” tuturnya.

Uji Publik Keterbukaan Informasi dalam Masa Pandemi Covid-19 oleh KIP Jawa Tengah secara virtual, selaku tim penilai yaitu Wakil Ketua Lapor Covid19 Irma Hidayana, Visi Integritas Emerson Yuntho, dan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sosiawan. (MC Batang, Jateng/Ardhy/Jumadi)