Home / Berita / Pembangunan / BUPATI BATANG KEMBALIKAN KEJAYAAN DESTINASI THR KRAMAT BATANG

Berita

Bupati Batang Kembalikan Kejayaan Destinasi THR Kramat Batang

Batang - Upaya mengembalikan kejayaan destinasi Taman Hiburan Rakyat (THR) Kramat, Pemerintah Kabupaten Batang terus lakukan pembenahan.

Batang - Upaya mengembalikan kejayaan destinasi Taman Hiburan Rakyat (THR) Kramat, Pemerintah Kabupaten Batang terus lakukan pembenahan.

Setelah dilengkapi kolam renang prestasi, tahun ini dipastikan objek wisata yang berada di wilayah Kota Batang itu akan dilengkapi dengan Panggung Budaya.

"Tahun ini pembangunan Panggung Budaya dan penataan lainnya di kawasan THR Kramat Batang telah dikerjakan, dan tahun depan sudah bisa dipergunakan," kata Bupati Batang Wihaji saat melakukan pengecekan penyelesaian pembangunan Panggung Budaya di THR Kramat, Kabupaten Batang, Selasa (24/11/2020).

Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Wahyu Budi Santoso menjelaskan, pembangunan Pangung Budaya sendiri merupakan program berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batang, terutama upaya penyatuan fasilitas olahraga dan hiburan.

Selain itu juga untuk memperbaiki menata THR Kramat Batang, sehingga pihak Dinas terkait diminta untuk terus melakukan inovasi-inovasi agar bisa lebih menarik lagi ke depannya.

"Setelah 3,5 tahun memimpin Kabupaten Batang, saat ini THR Kramat sudah jauh lebih baik dengan adanya kolam renang prestasi dan juga kini panggung budaya. Panggung tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk kepentingan pertunjukan kesenian, termasuk bagi anak sekolah jika nantinya sudah aktif lagi,” jelasnya.

Dengan begitu, Lebih lanjut, kegiatan yang selama ini diadakan di jalan Veteran (sebelah rumah Dinas Bupati), bisa digeser ke THR Kramat Batang yang tempatnya lebih luas dan representatif.

Menurut Wihaji, untuk meramaikan nantinya bisa digelar berbagai festival kesenian, baik tradisional maupun modern. Selain itu, agenda tahunan pariwisata maupun kebudayaan juga bisa digelar disini. Sehingga nantinya THR Kramat ini tidak hanya untuk wisata saja, namun juga sebagai lokasi pengembangan seni dan budaya bagi masyarakat.

"Nantinya tradisi yang dulu ada akan kita hidupkan lagi, namun tentunya dengan kemasan yang lebih menarik. Termasuk untuk pertunjukan seni, nantinya akan kita pilah dan pilih dengan mempertimbangkan manfaat dan mudharatnya. Tidak ketinggalan, Panggung Budaya ini juga bisa jadi sarana bagi seniman Batang untuk menunjukan eksistensinya," terangnya.

Ia menambahkan, lokasi THR Kramat sendiri berada di Kota Batang, namun suasananya sangat tenang dengan latar belakang suara gemericik air, terasa sangat alami. Sehingga bisa dijadikan lokasi wisata ataupun sekedar menjadi tempat bersantai untuk sejenak meninggalkan hiruk pikuk aktifitas.

"Dan dengan semakin lengkapnya fasilitas yang ada, maka jumlah pengunjung yang datang pun bisa meningkat yang pada akhirnya sumbangan pendapatan bagi daerah juga ikut terdongkrak," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)