Home / Berita / Ekonomi / PRODUK WBP RUTAN BATANG RAMBAH PASAR ONLINE

Berita

Produk WBP Rutan Batang Rambah Pasar Online

Batang - Dalam rangka meningkatkan omzet penjualan produk karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang melebarkan pasar ke penjualan secara daring (online).

Batang - Dalam rangka meningkatkan omzet penjualan produk karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang melebarkan pasar ke penjualan secara daring (online).

Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menjelaskan, penjualan online sekarang sangat diminati bahkan omzetnya sangat besar. Berdasarkan data diinternet Pada Januari 2020, bank sentral mencatat total nilai penjualan empat marketplace terbesar di Indonesia sebesar Rp 19,15 triliun.

“Penjualan gabungan dari 14 marketplace besar menyentuh angka Rp 23,27 triliun. Untuk itu Rutan Batang juga mencoba menembus pasar online untuk memasarkan produk karya WBP,” kata Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana saat ditemui di Rutan Batang Kelas IIB, Kabupaten Batang, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Rindra, penjualan secara daring dimaksudkan untuk melebarkan pangsa pasar. Selain itu juga memudahkan konsumen dalam pengiriman produk.

“Selain dipasarkan secara manual, kami juga mencoba memasarkan produk WBP melalui pasar daring agar semakin luas jangkauannya,” tuturnya.

Produk yang ditawarkan Rutan Batang di toko online seperti pot sabut kelapa, keset, peci rajut dan lain-lain. Saat ini Rutan Batang gencar memproduksi aneka produk karya WBP dengan bekerja sama dengan pihak ketiga.

“Untuk pemasaran selama ini penjualan produk WBP di Rutan Batang dilakukan dengan memajang produk di ruang pendaftaran kunjungan. Selain itu Rutan Batang juga menggelar bazar secara rutin setiap hari minggu di alun-alun Kabupaten Batang. Respon dari masyarakat cukup baik terbukti setiap bazar banyak produk yang terjual ke masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskannya, selain itu produk yang dipajang di ruang pendaftaran kunjungan juga sering laku terjual.

Rindra berharap, dengan merambah pasar online selain dapat meningkatkan omset penjualan juga semakin mengenalkan produk dan kegiatan dari Rutan Batang.

Bagi yang ingin membeli produk karya WBP Rutan Batang dapat mengunjungi tautan berikut https://shopee.co.id/bimkerrutanbatang. (MC Batang, Jateng/ Heri/Jumadi)