Home / Berita / Sosial / FANTA BERKONTRIBUSI MELAWAN KEJENUHAN KALA PANDEMI

Berita

FANTA Berkontribusi Melawan Kejenuhan Kala Pandemi

Batang - Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali hak anak bersosialisasi dengan sebayanya terenggut dan mengharuskan mereka beraktivitas secara virtual.

Batang - Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali hak anak bersosialisasi dengan sebayanya terenggut dan mengharuskan mereka beraktivitas secara virtual.

Menyikapi hal itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Batang berinisiatif untuk membuka pintu konsultasi agar segala keresahan yang dirasakan selama pandemi dapat tercurahkan di Aula Kantor DP3AP2KB, Kabupaten Batang, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan tersebut digelar namun protokol kesehatan tetap dikedepankan, sehingga dapat mencegah penyebaran virus, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum acara dimulai.

“Selama ini aktivitasnya hanya di rumah, maka melalui Forum Anak Kabupaten Batang (FANTA) mereka menyampaikan kepada kami, ada yang jenuh. Tapi semua harus berusaha memahami, karena sementara ini tidak hanya anak-anak saja yang diharuskan mengurangi aktivitas di luar ruangan, orang dewasa pun diupayakan mengurangi kerumunan karena Covid-19 belum berakhir,” kata Kepala DP3AP2KB Supriyono, saat membuka acara Diskusi Peningkatan Kapasitas Forum Anak.

Ia mengatakan, dengan telah dibentuknya FANTA yang telah mendapatkan SK dari Bupati Wihaji akan ada hasil yang dipetik bagi anak itu sendiri maupun pihak terkait.

“Untuk mengusir rasa bosan paling tidak mereka mempunyai kegemaran yang dimiliki. Misalnya punya hobi membaca atau menulis, kedua hal itu juga bisa menjadi media untuk melatih kreativitas anak,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua FANTA, Chairil Anwar mengutarakan, acara ini digelar untuk mempersiapkan program kerja untuk masing-masing divisi, agar segera ditindaklanjuti.

“Program kerja yang direncanakan, FANTA akan memanfaatkan kegiatan publik Car Free Day untuk membuka Stand Membaca Anak dilengkapi tempat bermain. Kegiatan lain yang disiapkan ada menggambar, mewarnai dan berbagi cerita,” ujarnya.

Melalui Car Free Day, Lanjut dia, anak-anak yang sedang berolahraga di sana dapat memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Rencananya itu gratis dan bisa diikuti semua anak, supaya bisa mengusir rasa jenuh dan mengobati rasa rindu bertemu teman-teman tapi dengan kegiatan yang lebih edukatif,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)