Gedung Pelayanan Kepolisian, Efektifkan Pelayanan Warga Batang
Batang - Profesional Modern dan Terpercaya (Promoter) tidak hanya menjadi slogan belaka, karena kata-kata itu diwujudkan dalam bentuk pelayanan yang prima oleh Polres Batang melalui Gedung Pelayanan Kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Batang.
Batang - Profesional Modern dan Terpercaya
(Promoter) tidak hanya menjadi slogan belaka, karena kata-kata itu diwujudkan
dalam bentuk pelayanan yang prima oleh Polres Batang melalui Gedung Pelayanan
Kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Batang.
Gedung tersebut dibangun agar masyarakat merasa
nyaman, makin mudah dan cepat dalam mendapat pelayanan yang berbentuk pengaduan
atau segala sesuatu berkaitan dengan kepolisian.
“Ada beberapa pelayanan yang diberikan di antaranya
pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Sentra Pelayanan
Kepolisian Terpadu (SPKT) dan sidik jari. Namun karena masih dalam kondisi
pandemi Covid-19 maka pelayanan sidik jari tidak dilakukan, untuk meminimalkan
penyebaran virus tersebut,” kata Kepala SPKT Polres Batang, Iptu Herry Rubiono,
saat ditemui di Gedung Pelayanan Kepolisian, Polres Kabupaten Batang, Jumat
(16/10/2020).
Lebih lanjut, dia menerangkan, masyarakat pun makin
mudah ketika akan membayar biaya pembuatan SKCK sebesar Rp30 ribu yang termasuk
Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dapat langsung kepada petugas Bank BRI,
karena telah menjalin kerja sama dengan Polres Batang.
“Sebelum dibangunnya Gedung Pelayanan Kepolisian
pelayanan diberikan di ruang yang kurang representatif, masyarakat kurang
nyaman dan pelayanan pun belum satu pintu. Namun, setelah dibangunnya gedung
tersebut, masyarakat merasa lebih nyaman dengan ruangan yang luas, sejuk dan
tidak perlu mengantre terlalu lama,” jelasnya.
Ia berharap, dengan telah dibangunnya gedung baru
ini warga bersedia memberikan kritik dan saran yang membangun, sehingga Polres
Batang akan maksimal dalam melayani masyarakat Kabupaten Batang.
Sementara, salah satu warga, Sudarwanto menuturkan,
pelayanan yang diberikan Polres Batang kini makin efisien dan tidak memakan
waktu lama, jadi gedung baru sangat membantu warga Batang yang ingin dilayani
secara cepat dan tepat.
“Saya mau mengurus buku nikah yang hilang dan di Gedung
Pelayanan Kepolisian pelayanannya jadi lebih cepat. Persyaratannya cukup
membawa Kartu Keluarga dan KTP,” terangnya.
Ia mengutarakan, perbedaannya sangat mecolok, jika
dulu harus mengantre lama, tapi sejak pelayanan di gedung baru cukup
membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.
Senada, Muhammad Zakir pun mengapresiasi dibangunnya
Gedung Pelayanan Kepolisian yang membuat pelayanan publik menjadi lebih efektif
dan efisien.
“Pelayanan yang diberikan lebih enak yang sekarang
karena tempatnya jadi satu seperti ini, kalau dulu sidik jari terpisah. Dulu
terkesan kacau tapi sekarang lumayan nyaman karena tidak perlu mengantre, tapi
langsung masuk dan dilayani tidak terlalu lama,” kata pria yang sedang mengurus
SKCK untuk mempermudah pekerjaannya berlayar ke luar negeri.
Ia mengharapkan, suasana nyaman yang sudah tercipta
ini dipertahankan dan jika perlu ditingkatkan agar pelayanan yang diterima
masyarakat makin prima. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)