Home / Berita / Sosial / UPAYA KARUTAN BERSAMA WBP BATANG MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Berita

Upaya Karutan Bersama WBP Batang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Batang - Kepala Rutan Kelas IIB Batang Rindra Wardhana bersama sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berpartisipasi membersihkan lingkungan dari sisa tebangan pohon di Jalan Gajah Mada, Kabupaten Batang, Jumat (16/10/2020).

Batang - Kepala Rutan Kelas IIB Batang Rindra Wardhana bersama sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berpartisipasi membersihkan lingkungan dari sisa tebangan pohon di Jalan Gajah Mada, Kabupaten Batang, Jumat (16/10/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM, yang diwujudkan melalui bakti kepada negeri dengan membersihkan lingkungan di Kota Batang.

“Semoga kegiatan yang kami lakukan ini bermanfaat buat semuanya, karena tentunya kami tetap ingin berkontribusi secara positif bagi Kabupaten Batang,” harapnya.

Rindra juga mengharapkan, masyarakat Kabupaten Batang memberikan dukungannya supaya Rutan Batang tahun ini mampu memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sesuai dari tim penilai nasional.

Ia menambahkan, dengan diajaknya WBP ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan kota, karena mereka juga bagian dari masyarakat yang saat ini sedang mengalami musibah atau cobaan untuk menjalani kewajibannya secara hukum di dalam Rutan.

“Saat ini dapat menjadi kesempatan untuk kita membaurkan mereka dengan masyarakat. Perlahan-lahan sambil kita awasi mereka dikenalkan ke warga, sekaligus diajak berbakti kepada negeri,” ungkapnya.

Saat ini keluarga besar Rutan Batang bersama delapan WBP berkonsentrasi di Jalan Gajah Mada, karena itu pun sudah banyak daun yang didapat, ke depan dapat merambah ke wilayah lain di Kota Batang.

“Daunnya kami daur ulang untuk dijadikan pupuk, selain tujuan utamanya membersihkan lingkungan,” terangnya.

Rindra menerangkan, hasil pupuk selain digunakan untuk menyuburkan tanaman di lingkungan Rutan, tetapi sudah dipasarkan ke pihak luar seperti perangkat desa di Kecamatan Subah yang tertarik untuk bekerja sama supaya Rutan Batang menyuplai pupuk organik guna membantu kegiatan pertanian.

“Inilah hal-hal positif yang bisa kami tunjukkan kepada masyarakat, bahwa WBP di dalam Rutan juga diberikan pembinaan, pelatihan kreativitas, pendidikan dan wawasan kebangsaan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga Yuli mengatakan, sangat terbantu dengan kegiatan Rutan Batang yang membersihkan daun-daun sisa tebangan pohon.

Hadirnya WBP untuk membantu membersihkan jalan mendapat acungan jempol, karena menurutnya membuktikan ada kepedulian terhadap lingkungan.

“Warga sini ya senang sekali kalau dibantu menyapu daun di jalan, takutnya kalau dibiarkan nanti tambah kotor dan pohon bisa tumbang waktu angin kencang. WBP ikut menyapu itu bagus sekali, tapi kok tidak dari kemarin kan jadi lebih cepat,” ujarnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)