Home / Berita / Kesehatan / BNNK BATANG MEMINTA WARGA JOLOSEKTI TINGKATKAN IMUN

Berita

BNNK Batang Meminta Warga Jolosekti Tingkatkan Imun

Batang - Perlawanan terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, tidak hanya dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang. Hal itu karena makin banyaknya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di desa baik di kalangan remaja maupun pelajar.

Batang - Perlawanan terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, tidak hanya dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang. Hal itu karena makin banyaknya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di desa baik di kalangan remaja maupun pelajar.

“Maka untuk menanggulanginya masing-masing warga harus memiliki daya imunitas yang terus ditingkatkan, sehingga peredaran gelap narkoba tidak terus berkembang di desa,” kata Kepala BNNK Batang AKBP Windarto usai memaparkan materi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Posko TMMD Sengkuyung III, Desa Jolosekti, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (13/10/2020).

Windarto mengharapkan, hal terpenting setelah adanya kegiatan sosialisasi ini segera ada realisasi dari masing-masing pribadi untuk melawan dan menolak agar tidak terdapat warganya menjadi pecandu.

“Kita lebih intensif lagi untuk mengunjungi sekolah-sekolah, tapi memang ada sedikit kendala di masa pandemi Covid-19, jadi sangat menghambat gerak kami untuk menyentuh anak-anak didik,” jelasnya.

Dia menerangkan, namun dengan data yang diperoleh melalui kegiatan TMMD ini, ada kesempatan masuk melalui guru-guru Bimbingan Konseling dari masing-masing sekolah, sehingga segera diambil tindakan.

Dalam BNNK Batang, telah ada program rehabilitasi, bagaimana jika terdapat seseorang yang coba pakai atau bahkan sudah teratur pakai, segera oleh tim khusus diatasi untuk disembuhkan.

“Untuk menjangkau hingga ke tingkat desa memang perlu kerja ekstra keras yaitu bekerja sama dengan Aparat desa hingga Rukun Tetangga. Salah satunya ke depan Desa Jolosekti akan dibentuk Desa Bersih dari Narkoba (Desa Bersinar), melihat kaum remajanya sudah ada yang kecanduan narkotika,” ujarnya.

Ia mengapresiasi kegiatan TMMD yang disinergikan dengan BNNK Batang, untuk membenahi mental warga yang baik, terutama berkaitan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, Staf Teritorial Kodim 0736/Batang, Poniman mengapresiasi sosialisasi dari BNNK Batang, supaya anak-anak yang belum terkontaminasi obat-obatan terlarang dapat mengambil pelajaran dan membentengi diri agar tidak ikut terjerat penyalahgunaan narkoba.

“Masyarakat pun bisa melihat secara luas, supaya dapat mengantisipasi putra-putrinya tidak menjadi pengguna obat-obatan terlarang,” tegasnya.

Obat-obatan seperti pil excimer dan dextromethorphan yang jika dikonsumsi secara terus-menerus dan tanpa resep dokter dapat menimbulkan overdosis di antaranya detak jantung lebih cepat, mual, gemetar, gelisah dan pandangan kabur. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)