Home / Berita / Sosial / LOMBA MASAK IKAN DI WANA WISATA SI KEMBANG

Berita

Lomba Masak Ikan Di Wana Wisata Si Kembang

Ada yang unik dan menraik dalam lomba masak ikan tingkat Kabupaten Batang, pasalnya lomba tersebut di laksanakan di alam terbuka di Obyek Wisata Wana Wisata Si Kembang Desa Kembanglangit Kecamatan Blado Rabu 20/9.

Wakil Bupati Batang Suyono Yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, lomba memasak ikan ada inovasi yang luar bisa dalam segi tempat dengan memilih di obyek wisata Si Kembang, begitu juga dengan olahan makanan ikan yang bervariatif dan kreatif untuk di kembangkan sehingga mempunyai nilai ekonomis sebagai tambahan penghasilan.

Di samping itu juga dari rekomendasi ahli gizi bahwa kita diminta untuk gemar makan ikan, karena ikan mengandung omega 3 serta banyak protein yang tentunya dapat mencerdaskan otak kita.

“Selain omega 3 dan protein, makan ikan dapat menambah kekebalan tubuh, untuk itu marilah gemar makan ikan.” Pinta Suyono.

Wabup Suyono meminta masyrakat pegunungan juga dapat membudi dayakan ikan air tawar dengan membuat kolam – kolam ikan, sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat.

“ Batang memiliki laut yang sudah beribu tahun ikanya tidak pernah habi, namun kita juga harus membudidayakan ikan, baik ikan laut maupun ikn air tawar karna secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan.” Kata Suyono.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Batang Ny. Uni Kuslantasih Wihaji mengatakan, loba masak ikan untuk menyelaraskan program pemerintah agar gerakan memasyrakatkan makan ikan, namun yang tidak kalah penting lagi yaitu bisa meningkatkan kualitas olahan makanan ikan dan kemasannya.

“ kita akan melakukan pembinaan kepada peserta lomba dengan mendatangkan Chief yang profesional, karena kita berorientasi untuk prestasi dan juga orientasi pasar, karena kedepan PKK akan buka outlet atau toko pusat oleh – oleh khas Batang.” Kata Ny. Uni Kuslantasih Wihaji.

Ketua Tim Penggerak PKK juga berharap, setelah membuka toko baik secara online maupun outlet di Jalur pantura reast area jalan tol di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batang.

Kepala Dinas Kelautan,Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang melalui Kepala Bidang Perikanan Andre Joko Purnomo mengatakan, kegiatan lomba masak ikan bertujuan untuk memotivasi masyarakat terhadap agar gemar memakan ikan, serta guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemenuhan gizi keluarga yang bersumber dari ikan.

“ Lomba masak ikan ini untuk memperkaya olahan masakan atau makanan yang berbahan dasar dari ikan, serta sebagai ajang memperkenalkan olahahan makanan yang berhan baku ikan. Katanya.

Disampaikan juga bahwa kegiatan lomba dengan memilih bertempat di obyek wisata untuk lebih mengenalkan dan mempromosikan Wana Wisata Si Kembang, yang baru – baru ini menjadi viral di media sosial yang menyguhkan keindahan alam dan kesejukan udara.

“ Kegiatan ini sekaligus melaksanakan amanat dan perintah Bupati dan Wakil Bupati Batang untuk senantiasa mengembangkan dan mempromosikaan daerah – daerah tujuan wisata.” Katanya. (Edo/McBatang)