Home / Berita / UKM / RB SALON BATANG SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN YANG MEMUASKAN

Berita

RB Salon Batang Siap Memberikan Pelayanan yang Memuaskan

Batang - Rutan Batang Salon (RB Salon) sudah mengawali perannya dalam melayani masyarakat yang ingin memangkas dan menata rambutnya lebih rapi.

Batang - Rutan Batang Salon (RB Salon) sudah mengawali perannya dalam melayani masyarakat yang ingin memangkas dan menata rambutnya lebih rapi.

Keahlian dari Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) pun tidak perlu diragukan lagi, karena sebelum lolos menjadi pemangkas rambut, harus mengikuti serangkaian prosedur dan pelatihan serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana mengatakan, pihak Rutan memiliki tugas memberikan pendidikan kepribadian maupun kemandirian kepada WBP. Dan dibentuknya RB Salon meupakan wujud pembinaan kemandirian bagi mereka.

“Salon yang ada di RB ini merupakan kerja sama kami dengan Susi Salon Pekalongan yang rutin memberikan pelatihan setiap pekannya. Kami menyiapkan WBP yang memiliki potensi di bidang pangkas rambut dan pewarnaan rambut,” katanya saat ditemui di Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Senin (12/10/2020).

Ia memaparkan, para WBP harus mengikuti seleksi yang cukup ketat hingga patut mengikuti pelatihan di RB Salon hingga lolos menjadi pemangkas rambut yang berkompeten.

“Kami tidak asal dalam mengambil WBP, tapi harus diseleksi secara administrasi. Yang jelas dia bukan termasuk pidana berat, kasusnya pun tidak melukai hati masyarakat seperti narkoba dan terpenting harus berkelakuan baik,” tegasnya.

Pihaknya selalu memantau baik selama mereka berada di dalam Rutan hingga layak menjadi tenaga pemangkas rambut di RB Salon.

“Bagi warga Pasekaran dan sekitarnya silakan merapikan rambutnya di RB Salon, karena dalam pelaksanaannya tetap dipantau oleh pelatih. Warga Batang yang ingin merapikan rambutnya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp8 ribu,” tandasnya.

Sementara, Salah satu WBP yang juga menjadi pemangkas rambut RB Salon, Agus Pamuji mengutarakan, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena terpilih untuk bekerja sebagai tenaga pemangkas rambut.

Sebelumnya ia sudah sering memangkas rambut kawan-kawan sesama WBP dan setelah ditambah dengan pelatihan pangkas rambut serta pewarnaan rambut menjadi semakin mahir.

Setiap harinya memangkas rambut 2-3 orang baik dari kalangan pegawai Rutan, sesama WBP maupun saat ada kunjungan dari Provinsi Jawa Tengah. Hal itu karena RB Salon baru dibuka dan diresmikan beberapa pekan lalu.

“Kalau sudah bebas dari Rutan rencananya akan buka tempat pangkas sendiri di rumah, insya Allah pasti ada rezekinya mas,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)