Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG: HANYA MPP BATANG YANG LAYANI DRIVE THRU SIM A DAN C

Berita

Bupati Batang: Hanya MPP Batang yang Layani Drive Thru SIM A dan C

Batang - Setelah kemarin Bupati Batang Wihaji diganjar penghargaan dari PWI Jawa Tengah bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Batang - Setelah kemarin Bupati Batang Wihaji diganjar penghargaan dari PWI Jawa Tengah bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Kini kembali diganjar penghargaan smart governance layanan drive thru Mall Pelayanan Publik (MPP) dari Pemerintah pusat yang dilaksanakan secara virtual, Senin (5/10/2020).

Penghragaan tersebut berdasarkan dari tim penilai yang sangat mengapresiasi MPP Batang, dengan layanan inovasi drive thru Surat Ijin Mengemudi (SIM) A dan C yang di Indonesia baru ada di Batang.

"Pelayanan tersebut sudah dibuktikan dengan melihat langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa yang hanya butuh 3 menit SIM langsung jadi," kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, layanan drive thru merupakan solusi disaat pandemi Covid-19, karena pemohon perpanjangan SIM tidak usah berkerumun, tinggal test psikologis dan kesehatan.

"Pemohon hanya test kesehatan dan psikologis di MPP, keluar naik motornya tidak usah turun dan photo SIM langsung jadi," jelasnya.

Tidak hanya itu, transparansi biayanya sangat mudah, tidak ada pungutan apapun dan tambahan biaya lainnya.

"Hal ini pun tidak lepas dari kerjasama dan sinergitas yang baik antara Pemkab Batang dengan Polres Batang, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan masyarakat," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batang Sri Purwaningsih mengatakan, kehadiran MPP sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat.

"Masyarakat sangat apresiasi dengan MPP, karena pelayanannya perijinan terukur transparan dan semua biaya bisa dilihat dan jelas," ungkapnya

Kehadiran MPP dan pengharagaan yang diraih tidak lepas dari komitmen Bupati Batang Wihaji.

"Tanpa komitmen pimpinan daerah MPP tidak akan jadi, disinilah peran Bupati yang komit terhadap pelayanan masyarakat agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan inovasi yang efektif, efisien dan sederhana," tandasnya.

Dijelaskan pula, sejak dibukanya MPP Batang sejak 23 Januari 2020 telah mengintegrasikan 339 pelayanan dari 23 intansi Kementerian dan lembaga, OPD Provinsi Jawa Tengah, OPD Kabupaten, BUMN dan BUMD dalam satu gedung di DPMPTSP. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)