Bupati Batang: Hanya MPP Batang yang Layani Drive Thru SIM A dan C
Batang - Setelah kemarin Bupati Batang Wihaji diganjar penghargaan dari PWI Jawa Tengah bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik.
Batang - Setelah kemarin Bupati Batang Wihaji
diganjar penghargaan dari PWI Jawa Tengah bidang Birokrasi Pemerintahan dan
Pelayanan Publik.
Kini kembali diganjar penghargaan smart governance
layanan drive thru Mall Pelayanan Publik (MPP) dari Pemerintah pusat yang
dilaksanakan secara virtual, Senin (5/10/2020).
Penghragaan tersebut berdasarkan dari tim penilai
yang sangat mengapresiasi MPP Batang, dengan layanan inovasi drive thru Surat
Ijin Mengemudi (SIM) A dan C yang di Indonesia baru ada di Batang.
"Pelayanan tersebut sudah dibuktikan dengan
melihat langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa yang
hanya butuh 3 menit SIM langsung jadi," kata Bupati Batang Wihaji saat
ditemui di Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (6/10/2020).
Lebih lanjut, dia menjelaskan, layanan drive thru merupakan
solusi disaat pandemi Covid-19, karena pemohon perpanjangan SIM tidak usah
berkerumun, tinggal test psikologis dan kesehatan.
"Pemohon hanya test kesehatan dan psikologis di
MPP, keluar naik motornya tidak usah turun dan photo SIM langsung jadi,"
jelasnya.
Tidak hanya itu, transparansi biayanya sangat mudah,
tidak ada pungutan apapun dan tambahan biaya lainnya.
"Hal ini pun tidak lepas dari kerjasama dan
sinergitas yang baik antara Pemkab Batang dengan Polres Batang, untuk
memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan masyarakat," katanya.
Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batang Sri Purwaningsih mengatakan, kehadiran MPP
sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat.
"Masyarakat sangat apresiasi dengan MPP, karena
pelayanannya perijinan terukur transparan dan semua biaya bisa dilihat dan
jelas," ungkapnya
Kehadiran MPP dan pengharagaan yang diraih tidak
lepas dari komitmen Bupati Batang Wihaji.
"Tanpa komitmen pimpinan daerah MPP tidak akan
jadi, disinilah peran Bupati yang komit terhadap pelayanan masyarakat agar
semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan inovasi yang efektif, efisien
dan sederhana," tandasnya.
Dijelaskan pula, sejak dibukanya MPP Batang sejak 23
Januari 2020 telah mengintegrasikan 339 pelayanan dari 23 intansi Kementerian
dan lembaga, OPD Provinsi Jawa Tengah, OPD Kabupaten, BUMN dan BUMD dalam satu
gedung di DPMPTSP. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)