Home / Berita / Pariwisata / WISATA POLOWONO DESA LOBANG BATANG, DESTINASI HITS YANG LAYAK DIKUNJUNGI

Berita

Wisata Polowono Desa Lobang Batang, Destinasi Hits Yang Layak Dikunjungi

Batang - Indonesia memiliki beragam lokasi wisata yang indah untuk dijelajahi. Tak hanya yang sudah eksis, destinasi baru pun bermunculan.

Batang - Indonesia memiliki beragam lokasi wisata yang indah untuk dijelajahi. Tak hanya yang sudah eksis, destinasi baru pun bermunculan.

Seperti destinasi hits yang layak dikujungi yang ada di Desa Lobang, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang yaitu wisata alam polowono yang mempunyai arti hutan.

“Ide awal membuka wisata polowono dari karangtaruna, karena sebelumnya disini hutan pinus yang cuma diambil getah pinusnya saja,  mengakibatkan tempatnya terlalu rimbun dan akhirnya dipakai orang  untuk hal-hal negatif,  karena itu kita alih fungsikan menjadi tempat wisata supaya bermanfaat untuk masyarakat dan menambah perekonomian masyarakat Desa Lobang” kata Kepala Desa Lobang Puji Irwanto saat ditemui di Wisata Polowono, Desa Lobang, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Kamis (1/10/2020).

 Pembentukan wisata polowono dimulai sejak tahun 2017, tetapi pada waktu itu belum terkoordinir dengan baik jadi tidak ada  perkembangan.

“Pada tahun ini kenapa kita buka kembali, karena sedang viralnya wisata alam jadi menambah semangat memulai lagi dari awal dengan konsep yang sudah kita persiapkan, tahun 2019 langsung melakukan Kesepakatan Bersama  dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur, sejak  itu mulai ada tiket resmi,” jelasnya.

Fasilitas saat ini yang  sudah ada spot selfi jembatan gantung, wahana permainan, cafe, dan pemandangan kota limpung.

“Tiket masuk resmi termasuk asuransi jiwanya perorang  Rp5.000,00 dan untuk parkir sepeda motor Rp2.000,00 kalau mobil Rp5.000,00. Wisata ini buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan untuk cafenya buka mulai dari pukul 13.00-22.00 Wib,” terangnya.

Diharapkan, wisata polowono bisa berkembang agar bermanfaat untuk semua masyarakat Kabupaten Batang dan keinginannya bisa memajukan perekonomian Desa Lobang. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)