Home / Berita / Ekonomi / EKSPOR PERDANA BAWANG PUTIH ASAL BATANG

Berita

Ekspor Perdana Bawang Putih Asal Batang

Batang - Bupati Batang Wihaji melepas ekspor perdana komuditas bawang putih ke Taiwan, Hal ini terbalik dengan Pemerintah pusat yang justru malah impor bawang putih.

Batang - Bupati Batang Wihaji melepas ekspor perdana komuditas bawang putih ke Taiwan, Hal ini terbalik dengan Pemerintah pusat yang justru malah impor bawang putih.

Ekspor bawang putih yang dilakukan oleh Kecamatan Bawang, bukan untuk konsusmsi melainkan untuk herbal.

"Bawang putih yang kita ekspor ke Taiwan untuk kebutuhan jamu di Negera Taiwan, bukan untuk konsumsi masyarakat, karena kandungan dan khasiatnya untuk herbal," kata Bupati Batang Wihaji usai melepas ekspor bawang putih di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jumat (25/9/2020).

Ia pun mengapresiasi petani bawang putih Kecamatan Bawang, karena berhasil membudidaya bawang jenis lumbu hijau yang mampu menjadi produk komoditas unggulan.

"Komuditas ini akan terus kita eksplor terus sebagai kekuatan petani Kecamatan Bawang khususnya Bawang Putih," jelasnya.

Ia pun menjelaskan, untuk kebutuhan ekspor bawang putih di Negara Taiwan masih cukup banyak, dan petani Batang belum mampu memenuhinya.

"Kebutuhanya mereka meminta 1.000 ton per tahun, kita hanya mampu 25 ton per tahun. Kalau nanti ada keuntungan dari petani, saya yakin petani Batang akan ikut menanam bawang untuk memenuhi kebutuhan ekspor," tandasnya.

Sementara, perwakilan Gapoktan Pateni bawang putih Ali mengatakan, ekspor bawang putih dalam minggu ini hanya bisa mengirim 25 ton dan akan terus diupayakan agar tercapai target ekspor yang dibutuhkan.

"Ekspor ini kita lewat PT Green Herbal yang setiap hari kita kirim lima ton setiap harinya," ungkapnya.

Keunggulan bawang putih varietas lumbu hijau ada pada tingkat kepedasan dan kandungan minyaknya lebih banyak.

"Bawang putih yang kita ekspor dihargai per kilonya Rp23.000,00, dalam situasi pandemi Covid-19 harga tersebut sangat membantu petani, karena kemarin harga bawang konsumsi dilokal harga jual anjok total hingga Rp5.000,00 sampai Rp7.000,00," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batang, Heru Yuwono mengatakan potensi pengembangan bawang putih di Kabupaten Batang sejumlah 1.000 hektar, yang tersebar di Kecamatan Bawang, Blado dan Reban.

"Program pengembangan bawang putih merupakan program Kementerian pertanian sejak tahun 2018 yang semula 150 hektar, karena ada rekofusing adanya Covid-19 menjadi seluas 50 hektat," tuturnya.

Untuk produktivitas bawang putih di Kabupaten Batang sudah sesuai target nasional yaitu 6 ton per hektar.

"Produktivitas bawang putih saat ini mencapai 14 ton per hektar, untuk penanaman diatas 900 mdpl dan produktivitas 8 ton per hektar untuk penanaman 800 mdpl," tegasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)