Home / Berita / Seni dan Budaya / JALIN SILATURAHMI DENGAN GOBAK SODOR

Berita

Jalin Silaturahmi dengan Gobak Sodor

Sinergitas antar instansi baik vertikal maupun horizontal dalam memajukan daerah sangat diutamakan, sehingga Pemerintah Daerah dalam membangun masyarakatnya baik secara jasmani maupun rokhani akan terwujud. Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2017 kali ini benar-benar dimanfaatkan dan dimaksimalkan oleh Pemkab Batang dengan diadakan lomba tradisional gobak sodor yang diikuti oleh 16 peserta termasuk Kodim 0736/Batang.

“Anggota Kodim 0736/Batang juga ikut andil bermain Gobak Sodor untuk memeriahkan serangkaian acara peringatan Haornas tersebut dengan harapan silaturahmi dan komunikasi antar instansi akan terwujud dan terpelihara dengan baik,” ucap Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji di Alun -alun Kabupaten Batang, Jum’at (15/9).

Kasdim menjelaskkan permainan Gobak Sodor adalah sejenis permainan tradisional dari Indonesia, berbentuk kelompok dimana masing-masing tim terdiri dari 3 sampai 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses tersebut dalam area lapangan yang telah ditentukan.

“Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9x4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian, garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur,” imbuhnya.

Menurutnya, anggota tim yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi menjadi dua, yaitu anggota tim yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal.

“Permainan ini sangat mengasyikan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan dengan tetap menjaga sportifitas,” pungkas Kasdim. (Heri/McBatang)