Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / WISATA EDUKASI PETIK JERUK DI DESA PESAREN BATANG

Berita

Wisata Edukasi Petik Jeruk di Desa Pesaren Batang

Batang - Wisata alam bernuansa kebun saat ini banyak diminati masyarakat. Di kabupaten Batang sendiri wisata alam ini menjadi favorit masyarakat untuk mengisi liburan dengan keluarga.

Batang - Wisata alam bernuansa kebun saat ini banyak diminati masyarakat. Di kabupaten Batang sendiri wisata alam ini  menjadi favorit masyarakat untuk mengisi liburan dengan keluarga.

Di Desa Pesaren Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ada warga yang mempunyai ide untuk membuka wisata petik jeruk yaitu Mas Cit (30). Lahan seluas 1,5 hektar disulap menjadi perkebunan jeruk.

“jeruk yang ditanam adalah varietas pontianak  siam, usia pohon  2 tahun sampai 3 tahun. Saat ini memasuki masa buah yang pertama dan sudah menghasilkan kurang lebih 20 kilo satu pohonnya.” Kata Mas Cit saat ditemui di Kebun Jeruk Desa Pesaren Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, Jumat (11/9/2020).

“Masa panen buah jeruk sendiri sampai usia pohon 8 tahun dan dapat menghasilkan 75 ton jeruk, kita menjual jeruk dengan harga Rp.15.000 per kilo,” tuturnya.

Ia menjelaskan, para pengunjung yang ingin membeli jeruk bisa memetik secara langsung di kebun dan memilih jeruk yang bagus buat di panen, jika ada pengunjung yang ingin memakan langsung di kebun dan membawa pulang kita menyiapkan paketan dengan harga Rp20.0000 per orang, makan sepuasnya di kebun dan dapat membawa pulang 1  kg  jeruk.

“Pengunjung di wisata petik jeruk disini juga diajarkan cara memetik jeruk dengan benar yaitu  dengan cara menggunting pada batang dan  menyisakan dua daun untuk memunculkan calon buah baru dari pohon dan jeruk yang dipetik bisa tahan 1 bulan,” terangnya.

Ciri  buah jeruk yang sudah matang yaitu kulit hijau ke kuningan dan kalau ditekan buahnya empuk,  edukasi ini kita berikan sebelum pengujung masuk ke kebun jeruk.

Diharapkan, wisata petik jeruk bisa menjadi destinasi unggulan baru di Kabupaten Batang. Masyarakat yang ingin berkunjung kesini lebih baik kordinasi terlebih dahulu. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)