Home / Berita / Teknologi / LAYANAN 112 DISKOMINFO BATANG JADI RUJUKAN DINKOMINFO DEMAK

Berita

Layanan 112 Diskominfo Batang Jadi Rujukan Dinkominfo Demak

Batang - Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).

Batang - Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).

Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini mengakui, bahwa Diskominfo Batang dalam pelayanan informasi dan komunikasi lebih dahulu dibanding Demak. Dari segi tipe Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun Diskominfo Batang berada pada tipe B, sedangkan Demak tipe C, sehingga layak untuk menjadi rujukan.

“Call Center 112 dari Diskominfo Batang kami perhatikan berjalan dengan lancar hingga berhasil dilaunching, sedangkan Dinkominfo Demak sedang berproses hingga akhir tahun 2020 dan direncanakan awal tahun 2021 segera dilaunching,” katanya.

Pihaknya mengambil banyak pelajaran dari pelayanan dan penanganan melalui Call Center 112 Diskominfo Batang. Bahwa ternyata pemanfaatan Call Center 112 tidak hanya terfokus pada layanan kegawatdaruratan saja, tetapi masyarakat pun membutuhkan berbagai informasi lainnya.

“Hal itu menjadi masukan bagi kami, bahwa petugas Call Center pun harus paham apa yang terjadi di wilayah sekitarnya,” ujarnya.

Melihat perkembangan Call Center 112 di Batang, ternyata terdapat informasi tentang penanganan Covid-19. Maka tenaga-tenaga ahli kami pun harus mengadopsi pola-pola yang dilakukan Diskominfo Batang untuk diaplikasikan di Dinkominfo Demak.

“Kami tidak bisa berprinsip seperti “Katak Dalam Tempurung”, hanya puas dengan apa yang dipunyai. Artinya kami harus memiliki respon yang sangat tinggi terhadap lingkungan,” tegasnya.

Tak hanya itu, Dinkominfo Demak juga terinspirasi gerak cepat yang dimiliki Tim Media Center Diskominfo Batang. Sementara ini, pihaknya hanya memiliki Tim Gerak Cepat yang melakukan peliputan apabila ada informasi penting di lapangan.

“Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan OPD, kami sudah memiliki sejumlah admin yang tiap minggu memberikan informasi berbentuk rilis, lalu dijumlah secara keseluruhan setiap bulannya bisa mencapai 2 ribu - 3 ribu berita. Namun untuk pengelolaan kami perlu belajar dari Media Center Batang, sehingga pengiriman berita ke Jatengprov.go.id dan Infopublik.id bisa setara dengan Kabupaten Batang,” terangnya.

Ia mengharapkan, jika masing-masing Kabupaten/Kota saling berbagi melalui kelebihannya tentu akan dapat memajukan Provinsi Jawa Tengah dan Indonesia.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser mengatakan, Diskominfo selalu dengan tangan terbuka untuk saling berbagi pengalaman, terutama sebagai referensi Dinkominfo Demak dalam mengembangkan Layanan Call Center 112.

“Alhamdulillah Layanan Call Center 112 Kabupaten Batang menempati urutan ke-4 setelah Kota Semarang, Grobogan dan Pekalongan,” ujarnya.

Menurutnya, Layanan Call Center 112 merupakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kegawatdaruratan. Seperti kejadian kebakaran, kesehatan bahkan yang berkaitan dengan Covid-19, masyarakat dapat memanfaatkan Layanan Call Center 112.

Terkait kiprah Media Center di Infopublik.id, Jamal membeberkan kiat-kiat menyampaikan informasi, memberdayakan tim yang memiliki semangat tinggi.

“Tim Media Center Batang kadang-kadang peliputannya hingga di luar jam kerja, jika tidak betul-betul mendalami tugasnya, tidak akan berhasil. Alhamdulillah Batang berhasil memperoleh penghargaan untuk Media Center Tingkat Daerah,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)