Home / Berita / Ekonomi / MESKI HARGA KOPI DI JATENG TURUN, NAMUN HARGA KOPI BATANG TETAP STABIL

Berita

Meski Harga Kopi di Jateng Turun, Namun Harga Kopi Batang Tetap Stabil

Batang - Banyak sektor pencaharian masyarakat terdampak pada masa pandemi Covid-19 ini, termasuk petani kopi yang terkena imbasnya dengan turunnya harga kopi di sebagian Jawa Tengah (Jateng), tetapi harga kopi di Kabupaten Batang masih stabil.

Batang - Banyak sektor pencaharian masyarakat terdampak pada masa pandemi Covid-19 ini,  termasuk petani kopi yang terkena imbasnya  dengan turunnya harga kopi di sebagian Jawa Tengah (Jateng), tetapi harga kopi di Kabupaten Batang  masih stabil.

Hal ini disampaikan oleh Pengusaha Kopi dan Ketua Paguyuban Petani Kopi di Kabupaten Batang Rifani (35), di Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Senin (27/7/2020).

“Stabilnya harga kopi di Kabupaten Batang dipengaruhi kerjasama yang baik antara petani dan pengepul kopi yang saling membutuhkan,” katanya.

Apalagi untuk bulan ini yang memasuki panen raya untuk kopi robusta, petani  mempunyai banyak stock Bean Kopi kualitas bagus. Sedangkan  kopi jenis  arabika telah  memasuki panen bulan lalu.

dijelaskannya, di Kabupaten Batang ada 300 petani kopi yang terdaftar dan jika pada panen raya seperti sekarang bisa menghasilkan 1.000 ton lebih Bean Kopi, harga perkilo Bean Kopi dipasaran  di Kabupaten Batang antara Rp18.000,00 sampai Rp20.000,00 perkilo, dibandingkan  Kabupaten atau Kota yang lainnya di Jateng yang harga pasarannya Rp15.000,00, harga Bean Kopi di Kabupaten Batang masih cukup baik.

Sementara itu, Penjual Kopi Bubuk Firkon mengatakan, penjualan kopi bubuk yang mengambil biji kopi di Kabupaten Batang laris manis  perbulan bisa menjual 10 kg kopi bubuk yang di pasarkan ke beberapa kota di Jateng. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)