Home / Berita / Pendidikan / MATERI PENGENALAN COVID-19 MASUK DALAM MPLS

Berita

Materi Pengenalan Covid-19 Masuk Dalam MPLS

Batang - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan sebuah hal sangat penting untuk diketahui mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), terutama secara Luar Jaringan (Luring).

Batang - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan sebuah hal sangat penting untuk diketahui mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), terutama secara Luar Jaringan (Luring).

Di tengah pandemi Covid-19, para guru memasukkan materi pengenalan masalah Covid-19 beserta cara pencegahannya, agar para peserta didik baru memahami lebih dalam dan dapat mengambil sikap supaya terhindar dari virus tersebut.

“Tahun sebelumnya materi-materi MPLS lebih padat, namun untuk tahun ini disesuaikan dengan era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Kepala Urusan Kesiswaan Yudha Anggarina Kurniawan, saat ditemui di SMPN 3 Kabupaten Batang, Senin (20/6/2020).

Lebih lanjut, Yudha menerangkan, salah satu materi yang dimasukkan antara lain cara pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring). Sedangkan untuk pengenalan lingkungan sekolah, yang semula semua anak dapat mengikuti kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah, kini proses itu dilakukan secara bertahap.

“Cara lain dengan menayangkan vidio untuk lingkungan sekolah termasuk kegiatan anak-anak selama di SMPN 3 Batang. Misalnya mulai dari pintu masuk, ruang kelas, laboratorium, koperasi, kantin, toilet dan sebagainya,” jelasnya.

Agar tidak terjadi kerumunan, maka pihak sekolah membagi dua kelompok. Yaitu hari Senin kelompok A untuk kelas VII A, B dan C serta hari Kamis untuk kelas VII D, E, F dan G.

“Anak-anak tetap menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan, menjaga jarak. Dari segi tata tertib juga dilakukan sedikit perubahan, jika ada anak yang sedang kurang enak badan supaya tidak berangkat ke sekolah, membawa bekal dari rumah, menggunakan peralatan makan sendiri dan utamanya mamakai masker atau pelindung wajah,” terangnya.

Ia menambahkan, dari pihak sekolah juga menyiapkan cairan antiseptik dan menyiapkan petugas yang melakukan penyemprotan ruangan setelah digunakan dengan cairan disinfektan, seperti spidol, papan tulis yang digunakan bersama. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)