Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / KEMENAG BATANG EVALUASI KINERJA PENYULUH AGAMA SELAMA PANDEMI

Berita

Kemenag Batang Evaluasi Kinerja Penyuluh Agama Selama Pandemi

Batang - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang menggelar evaluasi terhadap kinerja para Penyuluh Agama Islam di wilayah masing-masing.

Batang - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang menggelar evaluasi terhadap kinerja para Penyuluh Agama Islam di wilayah masing-masing.

Ada beberapa tugas pokok dari Penyuluh Agama Islam di antaranya pembinaan tentang keluarga sakinah pada masyarakat, khususnya di tengah-tengah pandemi Covid-19, yang sampai saat ini masih dirasakan dampaknya oleh seluruh kalangan.

“Kami pun mengadakan evaluasi seluruh kegiatan dari penyuluh-penyuluh selama pandemi. Mereka adalah garda terdepan yang berhubungan langsung dengan kegiatan masyarakat secara pribadi maupun berjamaah, apakah sudah sesuai dengan protokol kesehatan atau belum,” ungkap Plt.Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Slamet Siswadi saat ditemui di Kantor Urusan Agama (KIA) Kecamatan/Kabupaten Batang, Rabu (15/7/2020).

Ia mengatakan, seluruh kegiatan yang digelar oleh para penyuluh telah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19.

“Bimbingan keagamaan tetap berjalan, namun sifatnya bukan jamaah seperti sebelum ada pandemi, tetapi cenderung bersifat personal. Yaitu berjenjang mulai dari anak, ibu dan bapak. Para penyuluh datang ke rumah-rumah dengan memberikan konsultasi tentang penerapan prinsip keluarga sakinah,” terangnya.

Slamet menekankan bagi pasangan calon pengantin yang akan melaksanakan akad nikah di KUA kurang lebih 8 orang maksimal 10 orang. Di antaranya calon pengantin (suami istri), dua orang saksi, dua orang wali dan dua orang keluarga.

“Sebelum akad calon pengantin diberikan materi tentang munakahad yaitu ilmu seputar kekeluargaan dan pembentukan ketahanan keluarga,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)