Home / Berita / Pendidikan / HOME VISIT, METODE ALTERNATIF PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI BATANG

Berita

Home Visit, Metode Alternatif Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Di Batang

Batang - Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Gapuro menggunakan metode pembelajaran Home Visit untuk alternatif pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Home visit merupakan suatu program sekolah yang dilaksanakan oleh guru dengan cara mengunjungi tempat tinggal siswa untuk memberikan pembelajaran dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

Batang - Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Gapuro menggunakan metode pembelajaran Home Visit untuk alternatif pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Home visit merupakan suatu program sekolah yang dilaksanakan oleh guru dengan cara mengunjungi tempat tinggal siswa untuk memberikan  pembelajaran dan  menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

“MI Salafiyah Gapuro menggunakan metode pembelajaran Home Visit merupakan keputusan bersama semua kepala MI seluruh Kecamatan Warungasem pada tanggal 8 Juli 2020, sebelumnya pengawas dari pusat juga sudah sosialisasi terlebih dahulu sesuai wilayahnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan pembelajaran.” Kata Kepala Sekolah MI Salafiyah Gapuro Kasturah saat ditemui di Sekolah MI Salafiyah Gapuro, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Selasa (14/7/2020).

Sejak pandemi Covid-19  tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran dengan tatap muka, sehingga  menggunakan metode pembelajaran home visit. Keputusan menggunakan metode pembelajaran Home Visit disetujui wali murid bahkan mereka mundukung agar anaknya mendapatkan mata pelajaran dari gurunya langsung.

“Sebelum menggunakan metode pembelajaran Home Visit kemari masih menggunakan metode daring tetapi metode pembelajaran ini tak bisa dinikmati oleh sebagian siswa. Khususnya, siswa yang bertempat tinggal di pelosok dan  tidak memiliki fasilitas penunjang untuk mendapatkan materi melalui daring ataupun online.” jelasnya.

Dijelaskannya, Home Visit salah satu metode pembelajaran dengan cara guru  mengunjungi rumah siswa dan mengumpulkan siswa yang tempat tinggalnya berdekatan maksimal 10 anak. 

Jadwal pembelajaran Home Visit sendiri setiap kelas akan mendapatkan mata pelajaran dua kali dalam   satu minggu waktu pembelajarannya dari pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

“Dengan Home Visit juga para siswa bisa menangkap pembelajaran secara visual dan audio,  karena tidak semua siswa bisa menguasai salah satu media pembelajaran.  Ada  yang harus keduanya  seperti guru menulis dan siswa melihat langsung.” imbuhnya.

Diharapkan, metode pembelajaran Home Visit bisa berkembang di Kabupaten Batang dimasa pandemi Covid-19 agar siswa tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan mudah dipahami. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)