Home / Berita / Pendidikan / KEKURANGAN SISWA, 18 SMP NEGERI DI BATANG BUKA PENDAFTARAN GELOMBANG II

Berita

Kekurangan Siswa, 18 SMP Negeri di Batang Buka Pendaftaran Gelombang II

Batang - 18 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Batang kekurangan siswa termasuk SMP Negeri 2 Wonotunggal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang mengizinkan membuka pendaftaran siswa gelombang kedua yang dilakukan secara offline.

Batang - 18 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Batang kekurangan siswa termasuk SMP Negeri 2 Wonotunggal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang mengizinkan membuka pendaftaran siswa gelombang kedua yang  dilakukan secara offline.

“Kekurangan siswa yang terjadi di SMP Negeri 2 Wonotunggal dikarenakan  jumlah  anak  umur masuk SMP disekitar sekolah  memang sedikit dan  siswa yang masuk ke SMP Negeri 2 Wonotunggal   berasal dari enam Sekolah Dasar (SD).” Kata Hastuti Ari Setyani Guru Urusan Kurikulum SMP Negeri 2 Wonotunggal saat ditemui di SMP Negeri 2 Wonotunggal Kabupaten Batang, Senin (13/7/2020).

Jika kemarin dari 6 SD itu mendaftar kesini semua akan berjumlah 150 siswa tetapi tidak semua masuk kesini, karena ada yang mondok dan ada yang daftar sekolah favorit di kota, karena mereka mempunyai prestasi jadi memilih yang favorit.

“SD yang biasa siswanya mendaftar semua di SMP Negeri 2 Wonotungggal diantaranya SD Kreyo, SD Siwatu 3, dan SD Penangkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, SMP Negeri 2 Wonotunggal rencananya membuka 4 kelas dengan total siswa 128 siswa, tetapi pendaftaran PPDB Online kemarin baru masuk 87 siswa jadi tiga kelas saja dengan pembagian 7A 32 siswa, 7B 25 siswa, dan 7C 25 siswa.

Pada gelombang kedua ini SMP Negeri 2 Wonotunggal masih membuka pendaftaran  secara offline dari tanggal 13 Juli 2020 sampai 18 Juli 2020.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang, Sabar Mulyono menjelaskan, Terkait dengan sekolah-sekolah yang belum tercukupi sesuai daya tampung siswa,  Disdikbud Kabupaten Batang sesuai dengan peraturan Bupati Batang  masih diberikan kesempatan untuk membuka pendaftaran siswa gelombang kedua.

“Disdikbud Kabupaten Batang memberikan batasan sebelum dimulainya ajaran baru itu sudah diharapkan selesai pendaftaran siswa baru gelombang kedua,” katanya.

Dari pendaftaran online yang kemarin, kelemahannya karena orang tua banyak memilih ke sekolah yang lain contohnya ketika mereka terlempar pada pilihan sekolah pertama jadi disalurkan ke pilihan kedua itu secara sistem masuk disekolah kedua tetapi nyatanya mereka tidak masuk ke sekolah kedua akhirnya sekolah kedua kekurangan.

Sejumlah sekolah yang tidak memenuhi daya tampung antara lain SMPN 1 Reban, SMPN 2 Reban, SMPN 3 Reban, SMPN 1 Tersono, SMPN 2 Tersono dan SMPN 3 Tersono.

“Lalu, SMPN 2 Gringsing, SMPN 3 Gringsing, SMPN 4 Gringsing, SMPN 2 Subah, SMPN 3 Subah, SMPN 2 Bawang, SMPN 3 Bawang, SMPN 2 Blado, SMPN 3 Blado, SMPN 2 Wonotunggal, SMPN 3 Wonotunggal dan sejumlah SMPN berkategori Satu Atap (Satap).” Pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)