Home / Berita / Sosial / PERHATIAN DP3AP2KB JATENG TERHADAP KEBUTUHAN SPESIFIK ANAK

Berita

Perhatian DP3AP2KB Jateng Terhadap Kebutuhan Spesifik Anak

Batang - Menyambut Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan bantuan spesifik kepada kaum perempuan.

Batang - Menyambut Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan bantuan spesifik kepada kaum perempuan.

Khusus Jawa Tengah melalui Dinas Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengedepankan kebutuhan fisik untuk anak.

“Pemenuhan kebutuhan tersebut dibagikan kepada 40 anak berkebutuhan khusus, karena untuk kaum perempuan kami sudah ada Jaring Pengaman Ekonomi (JPE),” tutur Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah Sri Dewi Indrajati, saat memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik anak, di Desa Depok Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jumat (10/7/2020).

Bantuan yang diberikan berupa susu, biskuit dan perlengkapan mandi.

“Bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diberikan kepada seluruh anak Indonesia. Semoga bantuan ini membuat mereka bertubuh sehat dan kuat, menjadi anak-anak yang berguna,” jelasnya.

Dewi menambahkan, beberapa permasalahan yang timbul di masa pandemi Covid-19 cenderung pada pernikahan usia anak dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Namun di sisi lain banyak pula anak-anak yang mampu memanfaatkan peluang, waktunya dihabiskan dalam rumah dengan menunjukkan kreativitas membuat makanan sehat, kemudian di jual secara online sehingga melatih jiwa bisnis mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP3AP2KB Kabupaten Batang, Esti Herlina mengatakan,  bantuan diberikan kepada anak berkebutuhan khusus, supaya gizinya terpenuhi.

“Bantuan pun diberikan kepada anak-anak stunting, mereka yang masih duduk di bangku sekolah terutama yang saat ini hidup bersama kakek neneknya, karena orang tuanya menjadi tenaga kerja di luar negeri atau bahkan ada pula yang telah meninggal dunia,” paparnya.

Siti Muarofah ibunda dari Ariska Bagus Ramdhan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa berguna, anaknya juga supaya lebih giat belajar,” kata ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurus kebutuhan putranya dan  mengantarkan ke Sekolah Luar Biasa.

Ia mengharapkan, agar putranya dapat sembuh seperti semula. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)