Home / Berita / Pembangunan / PSDKU UNDIP BATANG SEGERA MILIKI GEDUNG, DENGAN ANGGARAN RP10 MILIAR

Berita

PSDKU UNDIP Batang Segera Miliki Gedung, Dengan Anggaran Rp10 Miliar

Batang - Program Study Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro (UNDIP) Batang segera memiliki kampus utama yang berlokasi di Desa Tumbrep Kecamatan Bandar.

Batang - Program Study Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro (UNDIP) Batang segera memiliki kampus utama yang berlokasi di Desa Tumbrep Kecamatan Bandar.

"Berdirinya PSDKU Undip diharapkan bisa meningkatkan nilai Indek Pembangunan Manusia di Batang," Kata Bupati Batang Wihaji usai menyerahkan sertifikat hibah tanah Pemkab Batang untuk kampus PSDKU di Desa Tumbreb, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Selasa (16/6/2020).

Tidak hanya itu, untuk mendukung Heaven of Asia dan tahun kunjungan wisata 2022, kampus Undip di Batang didesain sebagai green campus yang ramah lingkungan untuk mendukung potensi wisata.

Pemkab Batang telah menyerahkan sertifikat hibah tanah seluas 9,4 hektare, karena merupakan impian lama masyarakat Batang yang mendambakan berdirinya perguruan tinggi.

"Keberadaan kampus Undip memiliki multiplier effect, karena tidak hanya pendidikan tapi juga membuka simpul ekonomi baru,” jelasnya.

Sementara, Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Batang, Retno Dwi Irianto mengatakan, satu minggu yang lalu tim perencana pembangunan kampus telah melakukan kunjungan ke lokasi kampus.

"Kunjungan tim dipimpin Kepala Bidang Perencana Undip Prof.Dr.Ir.Purwanto , didampingi direktur PSDKU Dr.Redyanto , dekan fakultas Peternakan Dr.Ir.Bambang WHEP," Katanya.

Kedatangan mereka untuk persiapan rencana pembangunan kampus yang dikembangkan menjadi pusat pendidikan, penelitian, teaching factory dan eduwisata techno park serta pengembangan domba dan minyak astiri.

"Pembangunan tahap pertama dianggarkan Rp10 milyar untuk membangun gedung 3 lantai, yakni ruang kuliah,  ruang dosen,  ruang administrasi dan perkantoran. Rencananya peletakan batu pertama pada bulan Juli, sehingga bulan Desember 2020 bisa ditempati untuk perkuliahan," ungkapnya.

Perencanaan kawasan kampus akan disinergikan dengan perencanaan kebijakan makro Pemerintah Kabupaten Batang.

“PSDKU Undip Batang sudah dua tahun berdiri yang menempati eks gedung Kantor Dinas Pertanian Batang di Jalan Dr. Wachidin Kauman, Kecamatan Batang, yang digunakan prodi D-3 Administrasi Pajak dan D-3 Hubungan Masyarakat,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)