Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB BATANG OPTIMIS IKUTI LOMBA INOVASI DAERAH NEW NORMAL

Berita

Pemkab Batang Optimis Ikuti Lomba Inovasi Daerah New Normal

Batang - Kementerian Dalam Negeri meluncurkan Lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru (New Normal) produktif dan aman Covid-19 secara virtual.

Batang - Kementerian Dalam Negeri meluncurkan Lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru (New Normal) produktif dan aman Covid-19 secara virtual.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Batang Suyono, yang ikut dalam Video Conference menyatakan optimis Bahwa Kabupaten Batang mampu meraih juara.

Untuk langkah pertama, jelas Wakil Bupati Batang, akan dibentuk tim kemudian akan membuat video sesuai petunjuk dari Kemendagri.

“Untuk saat ini Pemkab Batang akan langsung membentuk tim panitia guna menyelenggarakan lomba inovasi daerah dalam rangka menyambut New Normal,” kata Wakil Bupati Batang Suyono dalam Video Conference (Vidcon) bersama kementerian/lembaga serta seluruh pejabat Pemerintah daerah se-Indonesia di Ruang Abirawa Kabupaten Batang, Jumat (29/5/2020).

Tim yang dibentuk itu akan membuat video singkat terkait pelaksanaan protokol Covid-19 menuju New Normal.

Ia berharap, untuk tim yang akan dibentuk nantinya agar dapat bersinergi, khususnya antara Diskominfo Batang dan Prokompim supaya bisa bekerja sama dalam pembuatan video.

Sementara, Mendagri RI Tito Karnavian mengatakan, salah satunya bertujuan  mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol Covid-19 dari, oleh dan untuk daerah.

“Membuat kehidupan ekonomi dan aktifitas bisnis serta pencegahan penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh masing-masing pemerintah daerah,” jelasnya.

Dijelaskannya, ada tujuh sektor yang menjadi sasaran dalam lomba inovasi daerah ini yaitu, Pasar Tradisional, Pasar Modern, Sekolah, Restoran,  Hotel, Pelayanan Terpadu serta Tempat Wisata.

“Dengan kriteria penilaian yaitu, kesesuaian protokol Covid-19, Aplikasi/Replikasi, Kreatifitas serta kolaborasi/kerjasama. Lomba ini berbentuk video pendek (durasi 2 menit) yang merupakan simulasi New Normal life pada 7 sektor dan diikuti seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia,” terangnya.

“Hadiah berupa piagam serta memdapat  Dana Insentif Daerah. Dengan total Hadiah yang disiapkan oleh Menteri Keuangan RI sebesar Rp 150 miliar lebih,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)