Home / Berita / Pemerintahan / GAUNGKAN NEW NORMAL, BUPATI BATANG MINTA BERDAMAI DENGAN COVID-19

Berita

Gaungkan New Normal, Bupati Batang Minta berdamai Dengan Covid-19

Batang - Bupati Batang Wihaji didampingi Wakil Bupati Suyono, pada kesempatan pertama masuk kerja melakukan video conference dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Batang di Ruang Abirawa, Kabupaten Batang, Selasa (26/5/2020).

Batang - Bupati Batang Wihaji didampingi Wakil Bupati Suyono, pada kesempatan pertama masuk kerja melakukan video conference dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Batang di Ruang Abirawa, Kabupaten Batang, Selasa (26/5/2020).

Dalam arahannya Bupati dan Wakil Bupati Batang memberikan semangat dan memperkenalkan istilah baru New Normal.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini dibutuhkan sesuatu yang baru yakni, New Normal atau dengan istilah lain harus punya pemikiran baru dalam situasi menghadapi Pandemi.

"Kita harus berdamai dengan situasi ini, namun kita jangan menyepelekan tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan. Karena mau tidak mau program Pemerintah daerah dan pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan maksimal," jelasnya.

Pemkab Batang tidak mau terjebak dengan situasi seperti ini yang entah sampai kapan akan berakhir.

"Kadang dibutuhkan logika yang tidak normal dalam melayani masyarakat, karena kegiatan di OPD juga tetap harus berjalan," terangnya.

Dibutuhkan logika yang tidak normal dalam bekerja dimasing-masing OPD, tetapi tetap sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.

"Maka harus ada inovasi baru dalam melayani masyarakat," ungkapnya.

Program dan Kegiatan yang tertuang dalam RPJMD di Tahun 2020 walaupun tidak bisa tercapai, tetapi tetap berjalan paling tidak bisa optimal.

"Ketentuan Pemerintah pusat belum dilaksanakan dengan baik tentang 35 persen anggaran untuk penanganan Covid-19. Sekitar 380 Kabupaten dan Kota belum memenuhi ketentuan tersebut. Di Jawa Tengah ada 27 termasuk Batang," imbuhnya.

Ia pun meminta kepada Kepala OPD agar dalam waktu dekat harus ada refokusing lagi anggarannya untuk memenuhi ketentuan Pemerintah pusat.

Sementara, Wakil Bupati Batang Suyono menambahkan, untuk Kepala OPD bisa menghadapi New Normal, karena masyarakat juga membutuhkan pelayanan yang maksimal.

"Kepala OPD tetap semangat dengan dengan New Normal, walaupun keadaanya tidak normal dengan  mengutamakan pelayanan masyarakat tetap berjalan normal sesuai protokol kesehatan," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)