Home / Berita / Ekonomi / JASA CABUT BULU AYAM DI BATANG RAUP UNTUNG SAAT LEBARAN

Berita

Jasa Cabut Bulu Ayam di Batang Raup Untung Saat Lebaran

Batang - Banyak masyarakat Kabupaten Batang merayakan Lebaran dengan keluarga, masih banyak mendulang rejeki jelang hari Raya Idul Fitri.

Batang - Banyak masyarakat Kabupaten Batang merayakan Lebaran dengan keluarga, masih banyak mendulang rejeki jelang hari Raya Idul Fitri.

Salah satunya adalah jasa pencabutan bulu ayam dan entok untuk persiapan hidangan Hari Raya Idul Fitri di Jalan RE Martadinata Kabupaten Batang, Jumat (22/5/2020).

Malik Ibrahim (32) salah satu usaha jasa cabut bulu, hanya saat jelang hari Raya Idul Fitri yang panen seiring permintaan yang membumbung saat Idul Fitri. Pekerjaan sehari-harinya menjadi satpam.

Ia mengatakan, warga yang membutuhkan jasanya untuk membersihkan bulu ayam untuk persiapan hidangan lebaran mencapai sekitar 100 sampai 150 ekor per hari.

Ongkos untuk satu ekor ayam dan entok hanya sebesar Rp15.000,00 per ekor, itu sudah termasuk daging sudah dipotong dan sekalian dibersihkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, proses mencabut bulu hanya membutuhkan waktu sekitar tujuh menit saja per ekor. Ayam disembelih kemudian dimasukan air mendidih. Setelah itu, dicabuti bulu secara manual dengan tenaga manusia sampai kondisi bersih tinggal dipotong-potong. Saya belum memakai mesin pencabut bulu karena usaha ini dijalankan jelang lebaran.

“Jasa cabut bulu ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB, antrean sangat banyak biasanya pelanggan hanya meninggalkan ayam atau entoknya dan akan diberi nomor agar tidak tertukar,” terangnya.

Seorang warga Zaenal Acheroh (54), Proyonanggan Tengah, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang mengatakan, jasa pembubut bulu ini saya perlu menggunakan untuk membersihkan entok karena lebih praktis tidak harus ribet menyembelih dan membersihkan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi).