Home / Berita / Kesehatan / WARGA BATANG POSITIF COVID-19, DIRAWAT DI RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN

Berita

Warga Batang Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Bendan Kota Pekalongan

Batang -Warga Desa Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang yang dirawat di RSUD Bendan Kota Pekalongan dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab.

Batang -Warga Desa Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang yang dirawat di RSUD Bendan Kota Pekalongan dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab.

"kita mendapat laporan dari RSUD Bendan, satu warga kita hasil swab nya dinyatakan positif Corona," kata Bupati Batang Wihaji saat Konferensi Pers di Rumah Dinas Bupati, Kabupaten Batang,  Kamis (21/5/2020). 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut seorang janda berusia (44), dengan profesi pedagang makanan di rumahnya.

"Hari ini kita mulai tracking yang pernah berkontak langsung, baik  keluarganya maupun tetangganya," jelasnya.

Kalau riwayatnya pasien PDP tersebut,  pernah berkontak langsung dengan saudaranya yang pulang dari Semarang.

"Kita masih telusuri riwayatnya, karena kita juga belum bisa memastikan dengan siapa tertularnya," imbuhnya.

Oleh karena itu, Bupati Batang berpesan, agar surat edaran Pemerintah tentang protokol kesehatan untuk dipatuhi.

"Saya minta Salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah, karena diberbagai daerah kasus Covid-19 ada peningkatan," tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dr Muchlasin mengungkapkan, pasien terkonfirmasi positif Corona tersebut pernah dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kalisari Batang, namun karena penuh akhirnya dirujuk ke RSUD Bendan Kota Pekalongan.

"Dibawa ke IGD RSUD Kalisari Batang tanggal 18 Mei dengan diagnosa awal tipes dan demam berdarah, tapi karena penuh dirujuk ke RSUD Bendan Kota Pekalongan," terangnya.

Adapaun kasus Covid-19 di Batang terkini  Orang Dalam Pemantauan (ODP) Komulatif 108 orang,  PDP hari ini 1 orang, dalam pemantauan komulatif 7 orang, 2 orang dirawat RSUD Batang, 3orang dirawat RS QIM, 2 orang RSUD Limpung,  PDP komulatif meninggal 9 Orang, PDP komulatif selesai pengawasan 52 orang.

“Untuk Positif Covid-19 hari ini 1 orang dirawat di RSUD Bendan Kota Pekalongan, Positif Sembuh Komulatif  8 orang Positif di Rawat  1 orang Positif isolasi di RS QIM  8 orang, Positif isolasi di RSUD Batang  4 orang, Positif Meninggal 1 orang, Positif Komulatif  23 orang,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)