Home / Berita / UKM / PENJUALAN KUE NASTAR LEBARAN MENURUN DI MASA WABAH COVID-19

Berita

Penjualan Kue Nastar Lebaran Menurun di Masa Wabah Covid-19

Batang - Nastar merupakan kue kering yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Bisa dipastikan, jika kue nastar pasti ada di meja tamu atau toples pada saat lebaran tiba.

Batang - Nastar merupakan kue kering yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Bisa dipastikan, jika kue nastar pasti ada di meja tamu atau toples pada saat lebaran tiba. 

Hal inilah yang melatar belakangi Rochdiyani, pengusaha kue kering, untuk menggeluti bisnis ini saat menjelang lebaran tiba. 

“Saat ini, pemesanan kue kering untuk lebaran mengalami penurunan pesanan pada wabah Covid-19 ini, terutama para pembeli yang berasal dari luar kota seperti Jakarta dan Yogyakarta,” kata Rochdiyani saat diwawancarai dirumahnya di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (6/5/2020).

Ia mengatakan kue kering yang banyak dipesan adalah kue nastar, padahal berbagai macam jenis kue kering juga tersedia. Untuk jenis-jenis  kue nastar sendiri, ada kue nastar bulat, kue nastar keranjang, dan kue nastar lipat. 

“Untuk pemesanan kue nastar, pelanggan biasanya harus memesan jauh-jauh hari sebelum hari lebaran karena takut kehabisan, tidak sedikit pedagang kue kering yang memesan disini untuk dijual kembali,” tuturnya.

Namun di masa pandemi Covid-19 ini penjualan kue nastar lebaran tampak tidak setinggi saat lebaran tahun lalu. 

Penjualan kue kaleng di bulan Ramadhan 1441 Hijriyah ini menurun hingga 50 persen. Hanya pembeli yang sudah berlangganan setiap tahunnya saja yang membeli.

Ia berharap, wabah Covid-19 segera berakhir agar masyarakat dapat mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya, dan terima kasih untuk Pemerintah Kabupaten Batang telah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi).